Oleh: Kyan | 25/05/2012

Si Pangeran Dangdut ‘Abiem Ngesti’ Tewas di Jalan Tol

Si Pangeran Dangdut Abiem Ngesti Tewas di Jalan Tol

Sumber : Citraaktual, Tabloid Citra, Agustus 1995

**

Innalillaahi wa inna ilaihi raaji’un. Sabtu, 19 Agustus, dini hari sekitar jam 03.30 WIB, jalan bebas hambaan Jakarta-Cikampek kembali merenggut nyawa lima manusia. Kali ini yang tewas adalah mantan penyanyi cilik yang ngetop lewat lagu Pangeran Dangdut, Abiemanyu Ngesti alias Abiem Ngesti (22 tahun). Turut tewas bersamanya adalah ibundanya Yuli Ismawati (39 tahun); adiknya, Sakti (6 tahun); dan pamannya, Kaswito (43 tahun) beserta anak Kaswito, Prima (10 tahun).

Sementara tiga lainnya, yakni adik Abiem, Maharani (10 tahun), anak Kaswito, Vita (5 tahun); dan istri Kaswito, Lies Mardianti (36 tahun) lolos dari maut. Namun Lies Mardianti, pada saat berita ini diturunkan, dalam keadaan kritis.

Menurut surat laporan Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Jakarta-Cikampek, kecelakaan tragis tersebut terjadi akibat Suzuki Carry H8207E yang dikemudikan paman korban, Kaswito, menabrak bagian belakang truk gandengan Mitsubishi yang sedang parkir di tempat istirahat kilometer 42 tol Jakarta-Cikampek. Sehingga, bagian depan mobil Carry melesak ke dalam, sedangkan truk gandengan patah tak bisa jalan.

Dalam kejadian itu Abiem, Yuli, dan Kaswito tewas di tempat. Sedangkan Sakti dan Prima menghembuskan nafas terakhir di RS. Bayukerta, Karawang. “Menurut laporan ini, mobil Carry melaju dengan cepat dari arah Cikampek  menuju Jakarta. Lalu, akibat supirnya ngantuk mobil tersebut berbelok ke arah kiri jalan dan menghantam truk gandengan yang sedang parkir di bahu jalan,” ujar petugas PJR lebih lanjut.

Ayahanda korban, Wiwien Ngesti, yang tak ikut dalam mobil tersebut sangat terpukul menghadapi kejadian ini. Di kamar perawatan putrinya, Maharani, ia sempat pingsan dan beberapa kali menyebut nama-nama orang yang disayanginya sambil menangis, “Maaf Mas, jangan Tanya macam-macam dahulu pada saya. Itu akan mengingatkan saya pada korban,” ujar Wiwien kepada Citra dengan suara parau. “Yang penting tolong beritakan permintaan maaf Abiem Ngesti dan keluarga kepada masyarakat penggemarnya,” tambah Wiwien.

Menurut salah satu sanak saudara keluarga Ngesti, pada saat korban akan menuju Kudus, Wiwien sebenarnya sudah meminta kepada mereka agar kalau pulang ke Jakarta naik pesawat saja. Tetapi apa mau dikata, takdir sudah menentukan lain. Hal itulah yang selalu disesali Wiwien.

Abiem Ngesti yang pernah mendapat penghargaan HDX Award lewat lagu Pangeran Dangdut, menurut orang-orang terdekatnya, merupakan penyanyi yang enerjik dan gampang diajak bekerjasama. “Abiem itu bagai kutu loncat, disuruh acting apa saja mau dan berani”. Ujar Azhar Gunawan yang selalu menangani pembuatan video klip Abiem.

Salah satu buktinya, “Pada saat shooting untuk video klip albumnya yang terbaru, Dahsyat, dia sangat berani menyanyi di atas karang dengan deburan ombak yang kencang di Pelabuhan Ratu”, kenang Gunawan lebih lanjut.

Album terakhir Abiem ini menurut Kiki, salah satu staf Akurama Record yang hadir bersama penyanyi dangdut Mara Karma di RS Bayukerta menyatakan bahwa pembuatan video klip lagu ini masih menunggu proses edit. Menurut rencana, Minggu (20 Agustus 1995) kemarin, Abiem dimakamkan di Kudus, kampung halamannya.

Selamat jalan Abiem Ngesti, Yuli Ismawati, Sakti, Kaswito, dan Prima. Semoga engkau semua mendapat tempat yang layak di sisi Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Amin.  Mari mengheningkan cipta dengan mengirimkan Alfatihah untuk mereka![]

**

NOTE : Terima kasih kepada Diko (Didin Qomarudin) dan usaha Toko Sepatu-nya di alun-alun Kuningan Jawa Barat, yang telah menyimpan dokumentasi artikel ini.

 

About these ads

Responses

  1. baru tau tentang latar belakang tewasnya Abiem. Waktu itu belum tanggap betul informasinya.
    Sungguh, setelah itu tak ku temui lagi sosok seperti Abiem. Aku tk begitu mengerti dunia musik, tapi aku merasakan ada yang beda pd jiwa abiem dibanding artis2 muda sekarang ini.

  2. terima kasih sudah mampir lagi di sini..terima kasih pula sudah responsif atas sosok idola masa kecil saya.

    ..kenapa?..sebab darinya saya bisa belajar tentang adanya sebuah harapan masa depan..tidak takut untuk bermimpi setinggi awan…dendang lagunya penuh keceriaan dan liriknya memberi wejangan..

    ..bagi saya musik adalah bahasa jiwa yang tidak selalu harus memberi pengertian (otak) tapi perlu kesediaan perasaan untuk percaya dan menerima..musik adalah ungkapan spiritual agama (kasyf, penyingkapan) untuk damai dunia.

  3. sangat di sayangkan artis dangdut berbakat seperti abiem harus pergi begitu cepat,,,tapi itulah takdir,,semoga dia mendapat surganya Alloh SWT.Dan saya akan selalu mengenang karya2 abiem.bahkan bbrapa lagu dia sudah ku hafal dan melekat dlm benak saya.

  4. diantara seluruh lagu dangdut yg ada dinusantara lagu …DAHSYAT…itu yg paling aku suka..

  5. wlau engkau sudah tak ada, namun engkau akan selalu menjadi yang ter-DAHSYAT bagi para pencintamu….

  6. abiem is the best forever…walaupun suadah tidak ada lagi tp engkau slalu da di hati ku slamanya…

  7. sangat d sayangkan ap yg trjdi trhdp abiem,tp ap mw d kata? allah berkehendak lain.dari lirik launya sngt bnyk mngndung makna yg bsa membuatku menyukai nya.mknya sampe skarang sy msih menyimpan lagu2 dr abiem bahkn bnyk jg yg sudah ku hafal.

  8. saya turut berduka cita atas kematian abiem ngesti beserta keluarga.
    saya juga sedih atas meninggal nya abiem ngesti,
    terimah kasih abiem ngesti atas lagu2 muyg telah menghibur semua orang.
    coba saja abiem ngesti masih hidup pasti dia akan menciptakan lagu2 yg bagus&senang di dengar

  9. abiem ngesti sangat bauk bahkan akan menya’ingi rhoma irama

  10. abiem ngesti emang pasti jadi raja dangdut bahkan akan menya’ingi rhoma irama

  11. tahun 1995 banyak sekali artis muda bertalenta yg meninggal dunia, termasuk diantaranya abiem ngesti

  12. Abiem Ngesti adalah satu-satunya artis muda yang berbakat lewat album pertamanya “PANGERAN DANGDUT” yang sampai saat ini masih melekat di hati para penggemarnya. Termasuk saya pribadi bahkan saya hampir hafal seluruh lagu-lagunya. Sangat disayangkn artis berbakat dan bertalenta seperti Abiem Ngesti harus meninggal di usia yang tergolong masih remaja.

    Tapi itulah kehendak ALLAH apa mau dikata. Andai dia kini masih hidup pasti dia akan jadi pangeran dangdut seperti lagu pertamanya. Kini kami mengenangmu lewat lagu-lagumu yang tetap melekat di hati para penggemarmu. Selamat jalan kak Abiem Ngesti semoga engkau diterima disisi ALLAH SWT …….AMIN

  13. Terima kasih pada semuanya–maaf tak bisa kusebutkan satu-persatu namanya–atas kunjungannya ke blog ini. Rupanya artikel ini yang paling laris dilirik dan semoga dibaca. Semoga diantara kalian ada yang menyimpan dokumentasi perjalanan Abiem Ngesti dalam bentuk apa saja.

    Baik kaset, atau video klipnya yang pertama dan sedang dicari-cari sekarang ini oleh rekan-rekan ANFC, atau juga berita mengenai kematiannya di berbagai media massa. Senang sekali saya bisa mengetiknya ulang dan diposting di laman ini..Semoga Tuhan membentangkan jalan pada keceriaan kita..

  14. 1000 jempol!!!!!!!!!!!

  15. Memang bagus banget Abiem ngesti, dulu pernah ngefans juga soalnya,, heheee

  16. ngeliat dari klip lagunya saja sudah memikat, ngefanss,,,, berat. meskipun q lahir stelah dia tiada,, abiem ngesti I LOVE YOU, pengen ktemu dgnmu disurga, amin

  17. saya senang sekali karena begitu banyak orang mampir kesini mencari sekelumit Abiem Ngesti. Tulisan ini paling laris dikunjungi orang. Coba saja kutemukan lagi cuplikan dan petikan tentang sang idola, pasti kuposting disini. salam ANFC sajah!

  18. Suka banget nih sama pangeran dangdut satu nih….. lagu2 masa kecilnya itu penuh dengan semangat nasionalis n cita2;
    Bukan Tanda Jas utk Para Pejuang, Jarum Narkotika, dsb.
    Pokoknya TOP MARKOTOP deh……. :D

  19. Karya” mu akan slalu abadi dlam hati penggenarmu ( Abiem Ngesti)
    Rhyme In Peace

  20. Ya abiemanyu emg py suara yg bagus,,orgnya supel g sombong,,jd inget waktu kecil ktk dia plg kampung selalu rame di rumah,,n jahilnya minta ampun ampe aku nangis,,moga kau tenang bernyanyi bersama peri2 yg srg kau ceritakan saat ku kecil,,,thanks n cheeers,,

    • Terima kasih Mbak/Mas Wacky udah mampir ke laman ini. Saya sangat senang dikunjungi teman kecilnya Mas Abiemanyu.. Saya ingin Mbak/Mas Wacky bercerita tentang masa kecilnya dia! Bila berkenan..!

      • di bawah ada komentar fita isdiyanti, adik sepupu abiem, setahu saya makamnya di kaliputu kudus,

  21. pertama kali aku mendengar & mengenal musik/lagu dangdut, melalui kaset tape yg dibelikan org tuaku (album pertama PANGERAN DANGDUT)
    saat itu aku baru berumur 2 tahun.
    Aku senang dan sangat menyukai lagu2nya, krna didalam lagunya selain musiknya enak juga ada pesan2 yg bermak’na yg slalu diajarkan kedua orang tuaku kpd ku.
    Ternyata musik dan lagu2 trsbut dibawakan oleh “Abim Ngesti”, nah mulai saat itu bahkan sampai sekarang aku berumur 25th msih nyimpen kaset dan juga msih suka menyetelnya/mendengar’kanya.
    Abiem ngesti, lagu2 mu yg telah mengisi memori masa kecil’ku dan kini mnjadi kenangan yg slalu mengingat’kan masa dahulu…
    Ku do’a kan semoga ditrima dan mndapat surga’ ALLAH yg maha kuasa…
    Kak Abiem ngesti,.. Nama dan lagu-lagumu akan slalu dikenang sepanjang masa.

  22. smga amal ibadah y di terima di sisih ,y??lagu”kan sllu ku kenang (abiem ngesti,)

  23. akku ingin seperti abiem ngesti………………………………

  24. Salah satu idola saya sewaktu kecil, si Pangeran Dangdut :)

  25. Akan ku prbarue lagu mu..mlwati sntasi SMETRE-X BAND..

  26. baru tau sya, tryta abiem ngsti mniggal brsma ibunda dn snak swdaranya ya,, duh jd tmbah pilu aq mgetahuinya. aq tau bru stlh bca ni td.. jd mnetes air mta q.., slmat jln kak abiem ngesti.

  27. eh, ma’af, kliru aq ngisi kolomnya. jd salah.

  28. ya ka abiem aq pgn ktmu kmu ilove you , ,

  29. Ada yg tau judul lagu abiem ngesti yg liriknya seperti ini”dulu banyak orang yg mengatakan kalau musik dangdut katanya kampungan, golongan rendahan, golongan murahan. Mereka tertawa hahaha menghina. Reff: lihat, lihat disana tua maupun muda…mereka berjoget ahaaai…bergoyang goyang.
    ÑB:
    Bagi tman2 yang tau judul lagunya harap inbox saya lewat facebook yah! Thanks.

  30. Lgu pertama kali aku ƴƍ aku dgr adlh lgu Pangeran Dangdut…,
    Dan trs aku mengikuti lgu_lgu nya si Abiem Ngesti,
    Ƴƍ feat Şɑ̤̈ṁ̭ä Popy Mercury Ku Gengam Dunia itu lgu inspirasiq,
    Lgu favoritq adlh Gadis Baliku & Dahsyat smpe’skr pun selalu aku dengerin…
    Wktu msh remaja Gaya khas rmbut Gondrong nya Abiem Ngesti selalu aku tiru [н̲̅e̲̅:Dн̲̅e̲̅:Dн̲̅e̲̅]
    Semoga amal ibadah nya di terima…

  31. saya itu salah satu fans berat abiem ngesti, boleh nggak saya me’recycle’ lagunya?

  32. My Idol Abiemanyu Ngesti…I Love U so Much

  33. semoga abiem ngesti si pangeran dangdut di terima di sisinya dan mendapat ampunan yg maha kuasa.

    al.fatihah

  34. Turut berduka yg sedalam2nya tak sengaja sy ingat lagunya dahyat yg sy suka n sy buka situsnya coba nyari2 ternyata ada n sdh lama sy cari dulu prh nyari tapi tdk ada tp alhamdulillah skrg sdh ada sy bersyukur bs dpt lagux.sy fans beratnya juga n sm usia dgnnya. Tdk ada penyanyi dangdut yg sebagus dirinya di jaman skrg.mksh sdh ada beritanya lagi.

  35. yaa alloh…..
    subhanalloh….

    kak abiem kau tlah mengingatkan ku pda usia 7 tahun

    ku kenang dirimu selalu

    al fatihah

  36. suka ma gadis balinya abiem ngesti,,,gk ada yg seindah lagu itu!!!
    i love your voice abiem!!!

  37. , smoga abiem sllu di sisi allah, swt,
    sosok abiem akn slalu ada di hati qu, i love u abiem

  38. i love you abiem, kau slalu di hati qu, smpai kpan pund..

  39. Abiem kamu masih dihatiku
    semoga amal ibadahmu di terima di sisi allah

  40. salamat jalan abiem semoga kamu di sana bisa tenang x di terima di sisis allah amiinnn :)

  41. aku ngefans bgt ama abiem ngesti, smg kau tenang dsana amiin,,

  42. kau selalu hidup di hati penggemarmu abiem. i love you some much

  43. biar bliau sudah tiada namu saya tetap fans clubnya…….moga-moga bliau di beri pintu surganya..
    buat semua yg telah membuat plotingan..saya ucapkan banyak terimakasih…dengan adanya plotingan-plotingan Abiem ngesti saya jadi lebih banyak tau sang idola….

    Trems ANFC semua

  44. Terima kasih GAN tas Blog ini jadi aku tahu akibat meninggalnya sang IDOLA cilikku, jujur aku merinding setelah membacanya, dari sekian albumnya ada 1 lagu yang aku suka yang berjudul KUGEnGGAM DUNIA duet bersama poppy mercury dalam album DUET ROMANTIKA sungguh mengandund Makna yang dalam, ” sempat aku ambil lirik lagu yang bermakna SETIAP DESAH NAFAS KU TERIRING DOA coba kita ambil arti maknanya terkandung arti SETIAP NAFAS kita adalah DOA” selamat jalan semoga mendapat syurga di sisi ALLAH SWT. Dan karyamu selalu kukenang..jika ada salah kata saya mohon maaf

  45. setuju dg Nojarita Mbulava, “Setiap nafas adalah doa” atau kata Cinta pacarnya Rangga, “Setiap nafas adalah sabda pandita ratu”..hem

  46. Aku mengidola kan banget abiem ngesti
    Lagu2x nya penuh makna kehidupan suara emas sosok yg ganteng dan energik
    Pokok nya i lov u full abiem ngesti semoga tenang di sisih allah
    Amin

  47. idola q bnget kak abiem ngesti,
    lgu pangeran dangdut

  48. waktu itu gw msh smp…msh abg… klo nonton tv ada lagunya Abiem ngesti seneng bgt..liat wjh n gayanya yg cool..
    smpe skr paling demen liat video klip gadis baliku…
    RIP for Abiem ngesti…

  49. abiem,,,,,se umur dengan ku,,,waktu masih seumuran dia aku mengenal musik dangdut,,,aku suka banget sama dia,,,,,lagunya dan khas suaranya yang enak d dengar membuat ku inginn ketemu sama dia,,,,tapi than berkata lain,,,dia pergi selamanya ,,,,,

  50. mas tolong, antarkan saya ketempat persemayaman”nya abiem ngesti, saya pengen berZIARAH dan menDO’Akan beliau d tmpat perIstirahatannya.

  51. aku adalah fans berat ny abiem ngesti.setiap buka internet q psti cari abiem ngesti,walaupun artikel ny di baca berkali2 q g bosn. q download lagu2 ny smpy tgh mlm,,,setiap dgr lagu ny bisa di putr br x2..q sedih bgt lau ingt abiem ngesti,knp ia cpt prgi;;;i love u abiem,q pengen ke makam abiem untk berziarah tp q g tau di mn.usiaku baru 20 th. tau abiem ngesti sdh g ada tp q suka buangeeeet

  52. sekarang saya cari kaset dan cd abiem ngesti susah nya minta ampun..sdh langka di pasaran.padahal sy yakin msh bnyak yg suka,,,seandainya ada program tv yg menayangkan lagu2 jmn dulu psti bgus,,,terutama abiem ngesti,q bner2 demam abiem ngesti,,ampe ke bawa mimpi..habis nya ak tergila gila bgt sm abiem ngesti,,,ya allah seandainya ada penyanti dangdut kyk abiem ngesti,yg msh kcil udh tenar,,pintr nyanyi dngdut,,abiem multi talenta ia bukn hanya bisa nyanyi dngdut z,,ia bisa nynyi pop,rap nya cool bgt,,anak muda bgt,jdi ga nora,,pokonya aku suka abiem ngesti

  53. Maaf saya fita adek sepupu mas abiem.. baca artikel diatas mungkin bisa saya perbaiki keterangannya.. karena saya dan keluarga saya yang berada dalam posisi kecelakaan bersama mas abiem.. makan keluarga mas abiem ada di kabupaten Kudus pemakaman Kaliputu desa Kaliputu Barongan jika mau ziarah silahkan nanti tanya tukang bersih-bersih makam disana semua tau mas abiem disemayamkan..

  54. ternyata sprti itu kronologis kejadiannya ..smoga Abiem Ngesti diterima disisi Nya ..amiin,
    saya tau nama kak Abiem Ngesti ini krna ibu saya suka sama beliau .. :)

  55. rasanya pangeran dangdut tak tergantikan…

  56. Tadi malam lihat acara kontes dangdut akademi di Indosiar 11 maret 2014,salah satu kontestan bawakan lagu “Pangeran Dangdut”.saya kembali ingat ketika usia saya 25 tahunan…saya begitu terkesan dgn lagu itu…yg dinyanyikan Abiem Ngesti..tp setelah itu saya tidak pernah dengar lagi..suara Abiem..saya jd penasaran.. sampai saat ini 12 maret 2014 penasaran itu baru tau ,stelah buka blog ini..trnyata Abiem Ngesti sudah lama tiada..saya begitu terharu..
    Di usiaku yg hmpir 48th ini masih trs melekat dan berkesan Pangeran Dangdut Abiem NGesti.. saya hanya bs berdo’a smoga amal ibadahnya di trima Allah SWT,dan dpt ampunanNya..Aamiin..

    Trim’s banyak kpd”yang buat blog ini..”

  57. Semoga di lapangankan kuburannya,,, Amin ya Allah,,, ^_^

  58. Semoga dilapangkan kuburannya,,,Amin ya Allah,,, ^_^

  59. Hmm, jadi gak penasaran lagi apa sebab Abiem ngisti meninggal dan gimana kejadiannya.

  60. oh…gitu…baru tau…

  61. kta tmen gw, gw mirip ama abiem ngesti

  62. pangeran dangdut indonesia

  63. dia mirip abang ipar gua yang udah wafat, wafat nya juga sama karna kecelakaan :’)

  64. lagu2x tetap di sukai sama semua kalangan tua maupun muda n sampai sekarang ini.
    walaupun abiem uda eg ada tapi aku akan selalu jd fensx, thank’s

  65. Pangeran dangdut ttp di hati para penggemarnys

  66. Pertama lihat abiem ngesti langsung waktu di Kudus, manggung bareng Ike Nurjanah, Tahun 1993 an.

  67. saya suka sama lagu Abiem Ngesti Yang lagunya Janji Setan…

  68. dibawah ada komentarnya fita isdiyanti adik sepupu abiem, setahu saya makamnya di kaliputu kudus


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.