Oleh: Kyan | 12/02/2004

Kiriman Paket Bedug dan Tasbih

Kamis, 12 Februari 2004

Kiriman Paket Bedug dan Tasbih

**

Dalam kehidupan haruslah mempunya tujuan jangka panjang, jangka menengah, dan pendek, dan langkah-langkah kecilnya harus didetilkan. Untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan pedoman dan panutan. Dalam Islam ada Al-Quran dan tauladannya Rasulullah. Dan sebagai pelengkapnya adalah buku-buku pembahasan berbagai bidang.

Untuk mempelajari semua itu, (1) jadilah angggota perpustakaan, sering-seringlah pergi kesana, (2) pergi ke toko buku secara kontinyu, bacalah setiap buku kata pengantar dan kesimpulannya. Belilah tafsir Al-Quran dan Sirah Nabi, (3) Milikilah perpustakaan di rumahmu. Isilah dengan buku-buku berbagai bidang, (4) sering-seringlah mendengar orang berdiskusi.

Mungkin gara-gara sering baca buku, mataku jadi minus. Semakin hari sepertinya minusku makin bertambah. Yang salah dimana ya? Apa karena kebiasaanku yang salah, atau lokasi tempat baca atau kurangnya pencahayaan ketika aku membaca?

Sekarang aku harus berusaha membaca di waktu siang saja dengan pencahayaan sinar matahari. Lalu malamnya dipakai buat menulis dan berpikir. Ternyata membaca dan menulis tidak cukup. Aku harus menyempatkan waktu untuk berpikir dan diskusi.

Wah, ada kiriman dari Rina, temanku di Bandung. Thanks ya Rin kau sudah ingat padaku dengan mengirimkan sesuatu untukku… Wah ada bedug dan tasbih. Dapat kiriman surat dari Rina membawa ingatan pada masa ketika kami sama-sama SMU. Masa-masa itu penuh keceriaan, kesedihan, dan kebahagiaan.

Hari ini aku jalan-jalan ke Batam Center. Karena hari ini masa keanggotaanku di perpustakaan Masjid Raya Batam habis dan ingin diperpanjang. Aku telah menjadi anggota perpustakaan di Masjid Raya dan Toko Gramedia. Aku harus memanfaatkan kedua perpustakaan ini.

Sekalian mau mengembalikan buku yang dipinjam seminggu kemarin. Lalu disana kubaca koran Republika. Lalu pinjam lagi novelnya Gola Gong, Al-Bahri. Harus lebih banyak lagi membaca hasil karangan Gola Gong. Ceritanya memberiku inspirasi dan semangat baru.

Padahal kemarin aku sudah pinjam buku dari perpustakaan Gramedia. Buku “Kisah Para Juragan” dan “Menerbitkan Keberanian” yang keduanya diterbitkan Kompas. Di perpustakaan Gramedia mana ada penerbit lain dari grup Gramedia. Perpustakaan Gramedia memang khusus ada buku-buku terbitan grup Kompas-Gramedia, khusus untuk karyawan Gramedia. Membaca buku ini mengharuskan aku jadi wiraswastawan.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori