Oleh: Kyan | 26/10/2004

Mendata Catatan Hutang

Selasa, 26 Oktober 2004

Mendata Catatan Hutang

**

Makanku cuma roti seribu saja. Keuanganku sudah tak menentu. Aku bilang pada ibuku bahwa aku sudah tidak punya uang sepeserpun. Buka puasa cuma makan roti seribu. Uangnya itu juga hasil pinjam dari teman jurusanku, Aceng Abdurrahman sebesar Rp. 1.000,- Cukup untuk sekali makan saja.

Terpaksa aku mengeluh pada ibuku. Terpaksa aku bercerita tentang kesusahanku. Tak bisa kututupi dengan kesusahanku ini. Lagian kepada siapa lagi selain pada ibu aku mengadu. Bukankah sang ibu adalah malaikat bagi anaknya. Meskipun ibuku susahnya lebih berat daripadaku, aku tak bisa berbohong pada ibu.

Muncul rasa pening, sakit kepala. Tapi akhirnya agak mendingan. Masuk angin  karena lapar. Sakit filek masih saja bercokol di hidungku. Masa penyakit ini gara-gara aku tidak makan. Orang miskin rentan terkena penyakit karena makan yang tak terjamin. Tapi kenapa orang gila di jalan-jalan dia terlihat segera bugar? Apakah masalahnya adalah pikiran?

Aku mengecek uang di ATM, masih belum ada kiriman dari ibuku. Kupikir masih ada uang sisa untuk ongkos pulang ke Garut. Kudata catatan hutang-hutangku. Rp 150.000,- ke Robbi dan Putra. Aku harus membayarnya segera. Punya hutang ternyata membuat tidurku tak nyenyak. Serasa ruangan terhimpit penuh beban hutang dan menanggung malu bila setiap bertemu orangnya serasa ditagih hutang.

Sebentar lagi mau Ujian Tengah Semester (UTS). Baru saja kemarin dimulai kuliah, sudah harus menghadapi ujiannya. Aku belum persiapan yang maksimal. Bagaimana bisa menjadi sebaik-baik mahasiswa kalau tidak belajar maksimal dan optimal.

Hapeku pulsanya belum kuisi lagi. Terakhir mengisi pulsa tanggal 09 September 2004. Jadi sudah sebulan setengah lamanya aku tak mengisi pulsa. Jadinya tak ada komunikasi dengan siapa-siapa.

Haruskan kucari pekerjaan paruh waktu? Sekalian aku belajar wawancara kerja. Bukankah dengan wawancara dapat melatih kita berbicara. Untuk melatih mengemukakan pendapat sendiri.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Kategori