Oleh: Kyan | 14/11/2004

Hari Idul Fitri 1425 H.

Ahad, 14 November 2004

Hari Idul Fitri 1425 H.

**

Tiba saatnya hari Lebaran Idul Fitri 1425 H. Hari pertama merayakan hari kemenangan tahun ini kujalani dalam kesendirian, tanpa ada sanak saudara. Ya iyalah gak pulang kampung mana bisa berkumpul seperti mereka. Di Asrama Kurnia hanya kamar nomor satu saja masih ada penghuni. Bukan hanya di tempat-tempat kos yang tiada penghuni, tapi di jalan raya pun sepi oleh lalu-lalang kendaraan.

Menyambut hari kemenangan. Merasakankah ada kebahagiaan? Kebahagiaan ada di hati. Walaupun aku lebaran di kosan Cibiru, tapi hari ini aku merasa bahagia, entah tahu kenapa, pokoknya aku bahagia. Allah SWT telah menganugerahkan perasaan ke dalam sanubariku.

Aku mensyukuri keadaan ini. Padahal sampai hari ini tugas kuliah belum aku selesaikan. Terutama tugas manajemen. Keadaan keuanganku juga sudah dan tetap kempes. Memikirkan harapan dan angan-angan harus, tapi aku harus mensyukuri apa yang telah ada, apa yang telah Allah anugerahkan padaku. Aku masih hidup, masih bisa makan, masih bisa menghirup udara segar.

Setelah kurenungkan selama ini aku tidak pernah benar-benar kelaparan, tidak makan. Selalu saja ada uang untuk kebutuhan hidupku. Itulah rezeki yang Allah berikan. Walaupun makanku kadang sekali sehari. Ramadhan kali ini sering kali aku tidak sahur.

Musibah dan cobaan yang menimpaku selama bulan Ramadhan ini aku kehilangan handphone seharga Rp. 1.200.000,-, Nilai ujian pada jelek, UTS Manajemen dapat C, Pengantar Bisnis dapat C, jarang makan terutama ketika sahur, tidak bisa pulang kampung, apalagi ya dicari-cari. Tidak terlalu banyak.

Coba aku bandingkan kebahagiaanku selama Ramadhan ini. Apa kebahagiaanku? Aku tak boleh kufur nikmat. Pertama aku masih hidup sehat walafiat walaupun kalau malam hari merasakan gatal yang sering membuat aku gak bisa tidur nyenyak. Kedua, aku masih bisa makan. Masih ada uang cukup dari insentif Ahad-Net, insentif Agustus dan September aku ambil Rp. 120.000,- Aku bisa beli madu dan Habbassauda, multivitamin yang dianjurkan Rasulullah. Apalagi kebahagiaanku?

Aku pengen segera pulang ke Garut ke rumah kakakku. Tapi masih ada tugas kuliah yang belum kuselesaikan. Jadi bingung harus bagaimana antara segera pulang atau menyelesaikan dulu tugas kuliah. Di hari lebaran ini dimana aku harus bersuka cita dan bahagia, namun hari ini terasa bimbang.

Akhirnya aku tak tahan dengan kesendirian berlebaran. Sore hari aku putuskan pulang juga ke Garut. Hari keduanya aku diajak kakakku dan keluarga suaminya main ke Situ dan Candi Cangkuang. Berarti ke Candi Cangkuang ini aku yang kedua kalinya. Pertama ketika aku kelas 1 SMP dan sekarang sudah kuliah baru ke sana lagi.

Dalam jangka delapan tahun sudah pasti sudah banyak perubahan. Kalau dulu gak ada museum, sekarang bahkan sudah lebih tertata. Letak museum di belakang Candi, jika dilihat dari arah kami naik Perahu. Lalu perbedaan dulu dan sekarang, kuingat dulu kami boleh masuk ke dalam candi. Sampai banyak orang, termasuk aku yang mengoyang-goyangkan patung Budha di dalam candi. Kepala patung Budha itu sulit dilepaskan dari badannya, padahal sudah goyang. Namun sekarang pintu menuju ke dalam sudah dipagar.

Yang jadi pikiranku, candi itu identik dengan Hindu dan Budha. Tapi ini di pinggirnya ada makam muslim dan harta peninggalannya kitab-kitab berbahasa Arab. Saat nanti aku harus menelusuri sejarah Cangkuang. Setelah Candi Batujaya di Karawang, Candi Cangkuang adalah candi kedua yang ada di Jawa Barat. Meski katanya ada di Cianjur candi yang lebih besar dari Borobudur. Tapi masih sebatas rumor dan belum ada publikasi hasil penelitian ilmiah.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori