Oleh: Kyan | 21/11/2004

Mencoba Hobi dan Menjalani Kemampuan

Sabtu, 21 November 2004

Mencoba Hobi dan Menjalani Kemampuan

**

Alhamdulillah, Allah menurunkan hidayah. Aku dikuatkan untuk bisa membaca Alquran, Al-Matsurat, dan salat Duha. Alhamdulillah sampai hari ini aku masih bisa menghirup udara segar. Entah sampai kapan aku ditakdirkan menjalani kehidupan ini. Namun yang pasti hidupku ingin kuisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi manusia dalam rangka pengabdian kepada Allah SWT.

Hari ini aku bisa makan. Sejak jam enam pagi aku menekuni hobi baruku, yakni memasak. Memang itu umumnya pekerjaan perempuan, tapi bukankah semua orang baik laki-laki maupun perempuan membutuhkan makan? Dan manusia yang bisa menjaga harga diri adalah orang yang tidak mau membebani orang lain. Oleh karena itu, aku belajar masak sendiri. Masak nasi dan bikin  sayur tahu. Masak membutuhkan waktu satu jam lebih. Meskipun lama, tapi demi penghematan apapun dilakukan.

Selagi masak aku selingi dengan skipping olahraga ringan sambil mendengar radio MQFM. Sudah lama aku gak staytion di MQFM. Kok, terasa hidupku tenang bahagia, karena bisa melakukan aktivitas yang disukai dalam satu hari ini.

Setelah beres masak aku mandi dan salat Duha. Aku ingin istikomah melakukan salat dulu setiap hari. Kumulai dengan dua rakaat saja. Sedikit tapi dikerjakan terus-menerus katanya itu yang disukai Allah. Begitu juga dengan tilawahku ingin setiap hari gak terlewati meskipun hanya satu lembar. Semua itu bisa dilakukan. Semoga Allah memberiku kekuatan.

Yang jadi pikiran hari ini, sampai hari ini tugas Pengantar Manajemen belum tuntas juga. Dan ujian datang lagi, komputernya hank. Tugas yang sudah diketik belum sempat dimasukan ke disket. Ini jadi pelajaran. Kalau membuat tugas, setelah selesai langsung disave di disket. Soalnya komputernya sering ngadat.

Gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba komputer mati. Maklum komputerku sudah kadaluarsa. Tapi ini aneh saja. Mungkin terlalu sering dipakai terus-terusan siang dan malam. Jadi terlalu panas mesinnya. Ingin ku-upgrade, tapi uang dari mana. Buat makan saja sudah tersendat-sendat.

Makanya jangan mau jadi orang miskin. Walau gak kaya, tapi hidup layaklah sebagai manusia. Di satu sisi ada orang bergelimang harta yang berlimpah, sisi lain pula ada orang yang buat makan saja susah. Dimanakah keadilan?

Kembali ke masalah tugas. Aku berusaha untuk menenangkan diri. Mungkin suatu saat komputernya bagus lagi. Kapan datang Bang Epul, supaya komputer bisa dibenerin. Rasa was-was muncul, aku takut tugas gak selesai sesuai jadwal. Waktu liburan sudah habis sampai hari ini. Sangat merugi aku: liburan nggak, tugas gak kelar, rasa cemas selalu menghantui.

Aku tenang saja. Akan berjalan sebagaimana mestinya. Semuanya akan baik-baik saja. Kenapa mesti cemas? Jalani saja hidup ini bagai air mengalir. Berambisi itu bagus, tapi harus menerima takdir Tuhan. Takdir Tuhan gak bisa dilawan. Cuma ada hukum sebab-akibat. Sunatullah.

Tugas kerjakan saja, semampunya. Namanya juga belajar. Gagal itu biasa. Kesuksesan adalah kulminasi dari kegagalan demi kegagalan. Bohong kalau ada orang langsung sukses tanpa melalui dulu pembelajaran dari kegagalan.

Setelah menulis ini aku harus menuntaskan tugas kuliah. Dirasakan sulit, gak apa-apa. Kerjakan saja. Jadikan ini pembelajaran sebagai cara mengenyam ilmu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

Akan kucari ilmu sampai ujung dunia agar aku menajdi orang berguna. Aku ingin menjadi orang besar. Karena orang lain pun bisa menjadi besar, seperti Aa Gym, Cak Nur, Cak Nun, Nurwahid, Einsten, Edison, Gate, Napoleon. Kenapa aku tidak bisa kalau orang lain bisa. Aku pasti bisa.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Kategori