Oleh: Kyan | 15/02/2005

Book Fair Islamic & Sains

Selasa, 15 Februari 2005

Book Fair Islamic & Sains

**

Hari Rabu adalah hari terakhir pameran buku Book Fair Islamic & Sains. Ibuku sudah mengirim uang belum ya. Mudah-mudahan ibuku tersayang sudah mengirim uang. Aku ingin beli buku, hardisk dan speaker. Tapi sekarang aku ingin beli buku. Mumpung diskon.

Pagi-pagi Deri datang. Dia belum registrasi. Jam 11.30 kami berangkat ke al-Jamiah. Ternyata registrasi sudah gak bisa. Sudah telat sih. Beginilah kalau melanggar peraturan. Peraturan itu harus ditaati biar kehidupan ini teratur. Bukankah Allah mencintai keteraturan. Melanggar peraturan berarti melanggar aturan Allah. Tidak taat pada Allah. Islamnya belum diaplikasikan. Ini jadi pelajaran. Jangan sampai aku melanggar peraturan. Mendingan cari aman saja.

Sebelum ke pameran buku, aku cek dulu ATM Muamalat. Ah, ibu belum juga mengirim uang. Tadinya aku ingin beli buku lagi. Mumpung diskon 50 persen. Kapan lagi ada kesempatan. Tak apalah. Mau pinjam gak ah. Kemarin sudah pinjam Rp.200.000,- ke Dian dan Rp.10.000,- ke Robbi buat makan dan beli buku. Harus mencari uang kemana lagi. Aku bingung.

Barusan aku menelpon ibu ke Batam. Ibunya gak ada. Nomor handphone-nya gak ada. Setiap ke Garut selalu saja lupa mau mencatat nomor ibu. Sekarang bingung sendiri. Nanti siang mau mencoba mengecek ATM lagi, apa sudah ada atau belum. Semoga saja ada keajaiban datang. Aku ingin membeli buku Fikh Praktis dan buku Filsafat. Kalau gak hari ini, kapan lagi. Bagaimana yach.

Aku jarang olah raga lari pagi dan renang. Jika lari aku gak punya sepatu. Kalau renang aku ingin menghemat Rp.6.000,- tiket masuknya. Ingin saja serba gratis. Mana ada di bumi ini yang gratis.

Kebiasaan olahraga sewaktu muda nanti akan terasa kalau sudah tua. Badan jadi selalu fit. Jasmani dan rohani harus sama-sama diberi gizi dan nutrisi. Aku sekarang lebih mengedepankan rohani, itu tidak baik juga. Karena jasmani juga mesti diberi nutrisi cukup.

Dari kunjungan terakhir ke Pameran aku membeli buku Mahir Berbahasa Visual. Mahir berbahasa visual adalah buku tentang bagaimana caranya agar kita jago menggambar. Kataya latihan pertama pekalah terhadap lingkungan. Amati setiap bentuk-bentuk yang menarik perhatian dan koleksi.

Latihan kedua duduk atau berdiri dalam suasana hening, lalu rasakan pernafasan kita. Latihan ketiga lakukanlah gerakan yang unik dan luwes. Angkat tangan dan biarkan jatuh, mencoret-coret udara, memukulnya, mengibaskan air. Pokoknya gerakan-gerakan unik

Buku kedua adalah Jejak-Jejak Ekonomi Syariah. Aku hari-hari ini sedang membaca buku Jejak-jejak Ekonomi Syariah. Penerbitnya Senayan Abadi press. Kataya prospek perbankan masa depan bagus, mencerahkan, dan bukan sekedar musiman. Diperlukan pelaku-pelaku perbankan yang banyak. Diperlukan ahli-ahli ekonomi muslim yang profesional. Harus ada sinergi antara lembaga keuangan syariah. Makanya diperlukan manajemen keuangan syariah, MKS. Aku kan lagi kuliah di MKS.

Kemarin lagi aku membaca buku pengantar Epistiomologi Islam, teori ilmu pengetahuan Islam. Katanya ilmu tidak bisa bebas nilai. Sains Barat ibarat sosok berwajah ganda, bukan pedang bermata dua. Ilmu sudah disekulerasi oleh Barat yang asal mulanya dari Islam. Sudah saatnya ilmu diislamisasi kembali lagi, atau meminjam istilah Mulyadhi Kartanegara Naturalisasi Ilmu. Berarti majunya peradaban itu diputar, dipergilirkan, sesuai dengan bunyi ayat Alquran.

Sehabis menulis aku mau skipping. Trus membaca buku lagi. Ada tiga buku yang harus aku selesaikan. Kalau belum selesai jangan coba-coba membuka buku yang masih disegel. Itu perjanjian untukku. Biar buku yang sudah dibeli dibaca semuanya.

Jangan sampai kayak kebanyakan orang yang cuma beli, baca sedikit lalu simpan saja. Sudah saja. Walaupun memang itu adalah awal dari mencintai buku.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Kategori