Oleh: Kyan | 22/02/2005

Perjuangan dan Pengorbanan

Selasa, 22 Februari 2005

Perjuangan dan Pengorbanan

**

Sudah beberapa kali aku gak menulis. Aku sudah banyak hutang. Kenapa sih gak sempat? Karena gak disempatkan saja. Sudah beberapa hari aku gak menulis. Tugas makin menumpuk saja. Aku harus sanggup malam ini menyelesaikannya. Kalau gak, makin menumpuk tuh kerjaanku. Nanti pikiran gak bakal tenang. Pikiran akan dihantui hutang yang menuntutku segera dibayar.

Tapi alhamdulillah masih bisa menyempatkan buat membaca. Nanti juga lambat laun bakal terbiasa menulis setiap hari, seperti halnya membaca. Ia sih kayaknya lebih asyik membaca daripada menulis. Tapi dua hal itu sangat penting.

Buku setebal 270 hal aku bisa menyelesaikannya sehari. Karena bukunya berupa cerita. Coba kalau buku serius, harus diulang-ulang. Judul buku yang kubaca sekarang kisah 1001 malam petualangan Sinbad dan Aladdin. Ceritanya memang seru.

Yang bisa aku ambil dari cerita itu bahwa untuk mencapai keberhasilan itu dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Senantiasa bergerak terus, tidak pernah diam. Dalam perjalanan hidup ini kita bakal mengalami kegundahan, keputusasaan dalam mengarungi samudera hidup.

Di balik semua itu terkandung banyak maksud Allah supaya si hamba menjadi kuat dan tabah. Yakinlah Allah memperlakukan hamba-Nya dengan memberinya kesusahan sebagaimana anggapan kita, pertanda sebagai kasih sayang-Nya. Allah gak bakalan memberi sesuatu pada hamba-Nya sesuatu yang tidak baik buat kita. Itu pasti yang terbaik buat kita.

Menurut kita saja hal yang menimpa itu kita anggap buruk dan baik. Baik menurut kita belum tentu baik menurut Allah, katanya. Buruk menurut kita, belum tentu buruk menurut Allah. Maka serahkan segalanya pada Allah. Pasrahkanlah. Karena dibalik kepasrahan ada keyakinan yang kuat sedang tumbuh.

Kenapa angka tujuh ya, atau emang karena al-Fatihah ada tujuh ayat. Seminggu ada tujuh hari. Mungkin itu kebetulan saja. Enggak, Allah menyukai bilangan ganjil, begitu yang aku dengar dari guru mengaji. Segala sesuatu diciptakan tidak dengan kebetulan.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori