Oleh: Kyan | 06/06/2005

Pentas Budaya Sunda di Bangsa Ujungberung

Sabtu, 25 Juni 2005

Pentas Budaya Sunda di Bangsa Ujungberung

**

Setelah Jum’atan aku dan Dian ke jalan Suci—Surapati, lokasi pasar spanduk dan produksi cetakan kain di kota Bandung. Kami mau membuat spanduk MKS, buat mengucapkan selamat datang mahasiswa baru. Pulangnya mampir ke Mizan, mau menyampaikan keluhan buku cacat, buku saku Filsafat Islam karya Haidar Bagir. Eh diganti dengan buku baru dan dikasih lagi satu buku bagus.

Nanti kayaknya harus sering menemui buku cacat, biar bisa diganti dan mendapat buku lain secara gratis. Biar mempunya banyak koleksi. Nanti ada pameran buku diskon limapuluh persen. Aku harus membeli beberapa judul buku. Tapi sekarang saja buat makan tak punya uang sepeserpun. Tapi barusan aku bisa makan. Rezeki datangnya dari mana saja tanpa disangka. Sudahlah aku harus belajar persiapan UAS.

Mulai malam ini aku di kosan sendiri lagi. Selama sebulan sebelumnya aku tinggal berdua dengan Robbi, kawan kelasku. Ia sekarang sudah punya kosan sendiri yang tempatnya gak terlalu jauh dari kosanku. Enaknya aku sendirian sih, aku bisa membaca buku dengan pikiran yang tidak diganggu oleh suara-suara, gak ada yang mengganggu.

Selama dia ada di sini aku gak bisa konsentrasi belajar. Apalagi selama tiga hari kemarin, berturut-turut Omon—Hilman dan Eeng—Andriansyah tidur di tempatku. Jadi kami berempat tidur berdempetan kayak ikan peda yang dihidangkan. Aku seneng sih, ada temen yang mau menginap di tempatku. Dan aku bisa sharing pikiran dengan merasa memiliki banyak teman. Cuma sudah mendesak waktu untuk belajar persiapan UAS.

Tugas kuliah belum kukerjakan. Catatan kuliah belum kubaca. Ketika aku sendirian, apalagi kalau siang hari bawaannya begitu gampang kantuk menyerang. Tadi saja membaca buku, tak lama kemudian duk aza tertidur. Bangun jam empat itu juga karena Robbi datang mau mengangkut barang. Mungkin aku kelelahan karena sudah jalan-jalan bersama Dian ke jalan Surapati-Suci mengambil pesanan spanduk MKS. Aku ingin mampir lagi ke Mizan, ingin melihat-lihat buku. Karena Dian mau ada acara, tidak jadi mampir ke Mizan.

Ketika sampai di Uber—Ujungberung jalanan macet. Di alun-alun Uber ternyata sedang ada kegiatan perlombaan seni kedaerahan. Mereka mau panas-panasan, apa dibayar atau gak, terus berani menahan malu menjadi tontonan. Kalau aku jadi mereka aku malu melakukan semua itu. Mungkin mereka berekpresi dan begitu cintanya pada seni budaya Sunda. Justru sebenarnya mereka mulia karena mereka bisa melestarikan budaya Sunda. Aku orang Sunda, tidak tahu kebudayaan sendiri. Apakah itu namanya kalau bukan menghilangkan identitas diri.

Malam minggu begini-begini saja. Kucoba membuka surat lama dari teman yang kukopi dari e-mail. Aku kangen dengan teman-teman di Batam. Kabar Ella bagaimana, apakah dia baik-baik saja disana. Apakah masih setiap bulan masih harus transfusi darah ke Singapura, ataukah sudah tidak lagi di Batam.

Ya Allah, semoga aku bisa bertemu kembali dengannya. Dengan teman-teman SMU juga belum bertemu semenjak aku pulang ke Bandung. Karena aku gak menelpon mereka. Suatu saat aku harus menelpon dia, atau sms yang lebih murah. Aku gak punya hape.

Aku kesepian padahal kalau dihitung-hitung, temanku di Bandung sangat banyak. Aku saja yang memutuskan komunikasi. Selalu terbentur dengan keuanganku dan mengecilkan diri. Aku mau mencoba mengirim surat ke Noval, temenku di Pekanbaru. Karena dia satu-satunya sahabat yang berjasa besar padaku. Dia yang telah menampungku ketika selepas lulus SMA aku tak punya tempat tinggal dan pekerjaan. Aku ingin tahu kabar dia. Aku juga belum membuat e-mail balasan ke Liza.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori