Oleh: Kyan | 23/09/2005

Jatinangor dan Seorang Sahabat

Jum’at, 23 September 2005

Jatinangor dan Seorang Sahabat

**

Setiap orang ingin diberi perhatian, meskipun bentuknya kecil bahkan sepele. Bukan sebentuk perhatian berlebihan, tapi semata-mata atas nama cinta dan persahabatan, atas nama kemanusiaan, dan atas nama Tuhan. Satu dalam tiga, tiga dalam satu: cinta, kemanusiaan, dan Tuhan.

Dua hari ini teman friendster-ku ada yang berulang tahun. Dini, Murnlee, dan Anggita Hafsari. Aku ingin segera ke warnet atau telpon untuk mengucapkan selamat ulang tahun dan bertanya kabar. Meskipun perayaan ulang tahun banyak yang bilang bahwa itu tak boleh karena tidak sesuai ajaran Islam. Namun aku tetap berpendapat bahwa mengingat usia justru ditegaskan dalam agama dan etika.

Yang tak boleh itu mengisinya dengan hura-hura, hedonis, dan konsumtif. Namun harus dijadikan sarana perbaikan diri dan momen untuk terus bertahan dalam mengarungi samudera hidup dengan sikap sabar dan tabah.

Kuperoleh informasi bahwa di Unpad sekarang sedang ada pameran. Setiap kali kutemukan informasi pameran buku, selalu ingin mengunjunginya. Maka Jum’at pagi jam sembilan kurang, aku dan Dudi bergegas pakai motor.

Maksud utamanya kami berangkat ke Jatinangor untuk mengunjungi pameran buku di kampus Unpad. Dan tujuan kedua sekalian ingin bertemu janji dengan seseorang anak kampusnya. Tapi disana aku tak melihat dia yang katanya mau sama-sama datang ke pameran. Bingung pula mesti menghubungi pakai apa. Aku gak punya handphone dan nomornya gak aku ingat. Cuma di buku telpon saja kutulis. Hari gini buku telpon, Ndeso banget.

Antara tujuan pertama dan kedua, aku tidak boleh menyesal dan kesal karena maksud utama sudah tertunaikan. Mungkin aku haus menikmatinya saja keadaan ini. Hanya kesabaran dan ketaqwaan yang bisa meyembuhkannya. Inilah hidup. Sudah cape-cape ke Jatinangor, tujuan pentingnya tak didapat. Padahal tugas kuliahku menumpuk, tapi bela-belain pergi ke Jatinangor.

Tugas kuliah kalau gak dikerjakan satu-satu, nanti malah stress yang ada. Maka ketika dosen memberi tugas, jangan ditunda-tunda lagi mengerjakannya. Memang begitulah aktivitas seorang mahasiswa yang terus berjibaku dengan tugas makalah dan persentasi. Aku ingat nasihat teman: “jangan terlalu diporsir, nanti cepat tua dan tersiksa. Enjoy aza…!”

Sambil menunggu waktu salat Jum’atan, kami ke tempat kosan Hafizh. Sampai disana ternyata dia sudah pindah pula. Dihitung-hitung aku dan Hafizh sudah gak bertemu suah setahun lebih. Aku yang tidak punya handphone dibuat susah berkomunikasi dengan teman-teman lamaku.

Salat Jumatan di masjid kampus Unpad. Baru pertama kali aku Jumatan disana. Materi khutbahnya tentang Amerika, Kapitalisme dan Islam. Yang kudapat bahwa sang akulah yang harus berbuat, bukan yang lain. Aku harus berkarya yang bisa dilihat nyata—konkrit.

Pulang dari pameran Jatinangor membawa sedikit kesal. Di kosan kusibukkan membaca buku, lalu ketiduran. Tiba-tiba terbangun ketika pintu kosanku ada yang mengetuk. Kutengok jam sudah jam empat. Sudah berdiri di depan pintu kamarku seorang perempuan yang tempat kos-nya berseberangan dengan tempat kosanku.  Nurul.

Anak Tasawuf Psikoterpi yang ingin masuk Psikologi ini memintaku mengantarnya ke warnet. Setelah salat kami jalan menuju warnet kampus. Rasa kesal tadi di Jatinangor, sekarang sudah terobati bisa jalan-jalan dengan seorang perempuan. Yeah, namanya lelaki sering dibikin kesakitan kalau disampingnya tak ada perempuan.

Di warnet ada Omon, teman sejurusanku yang memintaku dibantuin mencari bahan-bahan buat tugas besok. Nurul meminta diajarin membuat Frienster. Sekitar satu jam kami di warnet kampus dan akhirnya pulang. Sampai di kosan lagi, katanya sudah lama menunggu Yunia dan Cucu, teman satu jurusanku.

Tak lama kemudian datang pula Iis dan Neng Titin. Selanjutnya Aceng Abdurrahman mampir juga ke kosanku. Karena kami sudah lapar, aku, Dudi dan Aceng makan di warung Mekarsari.

Malam hari disibukkan membuat surat undangan pembicara untuk OPM. Jam sebelas lebih baru selesai dan tidurlah kami bertiga. Sungguh sangat meletihkan kegiatan hari ini.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori