Oleh: Kyan | 26/12/2005

Renang dan Hutang

Senin, 26 Desember 2005

 Renang dan Hutang

**

Setelah selesai beres-beres kamar, kulanjutkan dengan meringkas tugas PAI. Hari ini masih juga belum selesai mengerjakan tugas PAI. Bukunya nanti sore harus sudah diserahkan pada Angel Wings dan segera dikembalikan pada Robbi. Soalnya sudah janji mau meminjamkan buat dia.

Jam setengah sembilan mau ada pertandingan basket MKS vs Matematika. Aku mau menonton. Di tengah-tengah kesibukan mengerjakan tugas, harus ada kegiatan refreshing. Karena perutku sudah lapar, aku makan dulu. Aceng sudah datang ke kosan bertanya keberadaan Dian. Tak lama kemudian Iis dan Nenk Titin datang juga.

Pertandingan kali ini membawa MKS jadi juara group pada Turnamen Basket antar jurusan. Kutahu ada adik kelas namanya Risman, dia sangat jago main basket. Dia jadi bintang basket MKS. Aku ingin jago main basket, tapi kapan aku belajarnya. Sekarang sudah disibukkan dengan kuliah dan belajar. Karena aku berpikir tidak sempat ya tidak sempatlah. Semuanya bergantung pada pikiran.

Pulang dari menonton basket, kubuat surat permohonan pinjam lapangan bola untuk latihan bola melawan Pikmi Ganesha. Setelah itu, aku dan Aceng baru bisa berangkat renang di Bara. Sekarang aku sudah tahu tempatnya. Nanti mau diagendakan berenang di sana sepekan sekali. Biar sehat tubuhku aku harus sering berolahraga. Sekarang dengan renang tadi siang badanku terasa ringan. Mungkin sudah setahun lebih aku tidak renang. Memang sudah lama sekali.

Tiket masuknya hanya limaribu. Bakal masuk rancangan anggaran pengeluaranku untuk renang. Kira-kira hari apa aku menjadwalkan renang di sela-sela kesibukkan kuliah. Mungkin hari Senin adalah waktu kosong kalau tidak ada kuliah pindahan jam. Tempatnya dekat dari kosanku. Dengan berjalan kaki pun aku mampu sampai disana. Meski jaraknya beberapa kilometer jauhnya.

*

Pulang renang, terasa lapar banget. Karena renang sangat menguras energi. Aku, Aceng dan Dian makan bareng satu piring. Nasinya dihabiskan masak yang tadi pagi. Tidak apa-apa buat sore tinggal masak lagi. Anggaran buat makan per harinya harus maksimal limaribu hingga dalam sebulan cukup seratus limapuluh ribu.

Pengeluaran harus dibuat datanya secara tertulis. Untuk mengurangi pengeluaran mungkin membeli bubur harus dikurangi. Membeli sayur cuma duaribu per hari. Sebenarnya bisa aku menghemat. Lagian hutang masih belum kubayar empat puluhribu ke Neng Titin dan duaratusribu ke Dian. Hutangku pada dua sejoli.

Gede Sekali hutangku. Hutangku belum terbayar semua. Jangan mau hidup dililit hutang kuperingatkan diriku. Jangan menunda-nunda membayar hutang. Itulah sabda Rasul yang jadi suluh budiman. Membayar dulu hutang, karena itu membawa kebahagiaan.

Lalu buat makan bagaimana nanti saja. Aku mempunyai aset komputer dan buku untuk dapat menghasilkan. Bisa jadi capital yang bisa memberikan profit. Jangan takut tidak makan. Allah akan mencukupkan rezeki bagi orang yang berusaha dan mencari ilmu.

Jam dua siang aku mau tidur, tapi gak bisa. Karena suasananya gak kondusif. Sepertinya susah aku untuk tidur siang, karena setiap hari kosanku pasti didatangi teman-teman. Tapi tidak apa-apa karena mungkin hari Minggu bisa menjadi agenda untuk tidur siang. Tidur siang itu penting untuk stamina tubuh.

Aku pergi ke depan mau potong rambut tapi tidak jadi terus. Malah aku ke ATM mengambil uang untuk membayar hutang. Uang dari ibu kemarin buat membeli buku Tafsir Fi Zhilal 14, menitip ke Yedi yang mau ke Palasari. Sekarang sedang menunggu Acep pulang ke kosan, buat menanyakan buku Fiqh Sunnah. Dia memiliki koleksi buku Fiq Sunnah warisan ayahnya yang seorang guru. Jam delapan malam baru dia pulang. Tapi jilid Fiqh Sunnah yang aku cari gak ada di Acep Said. Aku pergi saja ke kosan Angel Wings jam delapan malam. Entah keperluanku apa.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Kategori