Oleh: Kyan | 08/04/2006

Brownies Cafetaria dan Dies Natalis UIN

Sabtu, 08 April 2006

Brownies Cafetaria dan Dies Natalis UIN

**

Hari kemarin aku tidak berjualan Brownies, karena stoknya habis. Ditambah tersibukan dengan mengerjakan tugas matakuliah Auditing membuat struktur organisasi Ayasophia Corporation. Selesai tugas ini, mengantarkan pada penyelesaian tugas Manajemen Keuangan. Struktur ini harus terealisasikan suatu saat nanti. Perusahaan itu akan bereksistensi. Aku bangga bisa menyelesaikan tugas Auditing sendirian dan hasil pemikiranku sendiri.

Belajar di MKS mampu mengantarkan pada perumusan masa depan. Suatu saat nanti Ayasophia akan menjadi perusahaan besar sekaliber Gramedia, Gunung Agung, atau Kharisma dan lini Cafetaria-nya sekaliber McDonald atau KFC. Aku bisa mensinergikan antara dunia makanan rohani dan jasmani. Karena keduanya sama-sama penting. Apakah fungsi buku sebagai media transformasi ilmu akan tergantikan oleh yang lain seperti internet?

Tergantikan ataupun tidak aku akan bergelut di bidang pendidikan manusia. Selama berabad-abad perbukuan belum pernah tergantikan oleh media lain. Bahkan di negara maju yang sudah massal penyebaran dunia internetnya, penjualan buku masih sangat tinggi dibandingkan Indonesia. Karena memiliki peran dan pangsa yang berbeda.

*

Pagi-pagi jam delapan sudah ada yang datang ke kosanku. Intin, sepupu Angel Wings mengembalikan buku. Ia meminta tolong mencari ayat-ayat Alquran tentang pendidikan dengan tafsirnya. Kuperoleh di buku “Kembali ke Masa Depan” karya Ziauddin Sardar ada sedikit pendidikan Islam dibahas. Imbalannya akupun meminta dia dituliskan lirik lagu Ilir-Ilir Sunan Ampel. Dia banyak bercerita tentang Purbalingga tempat kelahirannya. Dia mengajak main ke sana yang katanya bolak-balik cukup seratusribu buat ongkosnya.

Sebelumnya sudah terpikirkan aku akan kesana. Apakah aku serius untuk meminang sahabatku itu? Perempuan yang perfect menurutku saat ini adalah dia. Inner beauty-nya memukau dan memiliki samangat tinggi serta konsisten pada agama. Meskipun perangainya agak pemarah, sama sepertiku. Saat ini aku pun masih ingin mencari perempuan yang lebih baik lagi darinya. Karena takut tak mendapatkan yang lebih baik kupegang dia saja.

Apakah dia sebagai cadangan, terlalu naif manusia disamakan dengan benda mati yang identik dengan cadangan atau utama. Semua manusai mempunyai potensi untuk menjadi yang terbaik di hadapan-Nya. Masalah kepudaran pesona mukanya itu alamiah. Semua perempuan akan merasakan dan mengalaminya cepat atau lambat. Tapi hidup membangun rumah tangga bukan karena mendamba pesona kecantikan jasmani saja. Tapi penyatuan jiwa dua tubuh untuk memuja-Nya.

Ah biarlah waktu yang menjawab semuanya. Sekarang aku ingin berkelana mencari suasana baru. Entah ke Purbalingga, ke Surabaya, berwisata ke Bali, melancong ke luar negeri, sampai ujung Alaska sekalipun. Toh semuanya adalah bumi Allah. Aku hanya menjalani takdir-Nya. Aku adalah goresan tangan-Nya.

*

Alhamdulillah, dan kelar juga tugas Auditing. Tak tahu kenapa kalau sudah mepet tugas mau dikumpulkan, baru ide-ide bermunculan. Ketika ingin sejak awal mengerjakan, susah banget untuk memperoleh ide permulaan. Sekarang tinggal memikirkan tugas Manajemen Keuangan. Tugasnya menyusun struktur organisasi Ayasophia Corporation harus menjadi langkah nyata. Bergelut pada bidang kebutuhan pokok manusia. Aku tak akan berpaling dari bidang ini.

Lalu Novi MKS-B adik kelas meminta fotokopi proposal Ayasophia. Dia banyak channelnya sampai ke pejabat tinggi di Sumedang. Dia sampai diundang secara khusus untuk menghadiri dies natalies UIN SGD. Sepertinya dia orang penting bagi kampus, tapi tak jelas persisnya siapa dia. Padaku ia mengjak buka usaha bareng-bareng. Anak MKS semangat usahanya sangat tinggi, cuma sayang tak ada yang mengayominya. Tak ada sarana yang mendukung ke arah itu.

Tapi MKS tak boleh patah semangat. Bahkan di acara Dies Natalies bisa kedatangan Menteri BUMN pak Sugiharto dan Wakil Gubernur Jabar, seorang lulusan IAIN SGD. Bapak menteri sangat mendukung pada pemberlakuan ekonomi syariah di Indonesia. Beliau menyarankan ada sosialisasi pemahaman ekonomi syariah ke lembaga-lembaga pendidikan, pusat-pusat kajian, dan lembaga penelitian serta kepada masyarakat secara keseluruhan. MKS bisa mengajukan proposal untuk pengadaan sarana dan prasarana untuk pengkajian ekonomi syariah apakah akan dipenuhinya? MKS harus segera mengambil peluang itu.

*

Aku sudah ke Palasari mencari buku catatan harian Ahmad Wahib, pergolakan pemikiran Islam. Tapi buku yang kucari tak ada di kedai-kedai toko buku Palasari. Ternyata temanku, Aceng Abdurrahman bilang bahwa teman sekosannya punya. Kupinjam dan kufotokopi. Inginku setiap yang kubaca, mesti ada dokumentasinya. Supaya suatu saat nanti dibutuhkan referensinya tak susah-susah mencarinya.

Tapi perlu modal. Namanya juga belajar mesti ada pengorbanan. Ingin maju, tak ingin berkorban adalah nonsense. Islam mengajarkan tentang pengorbanan. Contoh nyata ketika hari Idul Adha. Membina hubungan juga harus ada pengorbanan. Buat traktir atau memberi hadiah atau pergi berjalan-jalan.

Badanku segar setelah mandi sore setelah aku tertidur begitu pulasnya. Selepas menghadiri Dies Natalies UIN di aula pulang malah diserang kantuk. Hari ini aku berjualan Brownies dan jualanku diborong semua oleh pak Heri Sutanto, dosen matakuliah Komputer Bisnis kami. Lalu Brownies-nya dibagi-bagikan ke anak-anak MKS. Beliau juga membeli donat dari Novi, adik kelas MKS-B. Donat yang dibelinya pun dibagi-bagikan kepada kami.

Mungkin tujuannya untuk memotivasi anak MKS, agar tidak takut berusaha dan berjualan. Jangan sampai takut tidak laku jualannya. Berjualan Brownies memang sedikit memberikan keuntungan, dibandingkan dari rental komputer. Tapi aku sudah memulai divisi baru usaha Ayasophia: Cafetaria. Disampiang divisi usaha perpustakaan dan rental komputer.[]

**


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori