Oleh: Kyan | 23/09/2006

Anak Semua Bangsa

Pram - Anak Semua Bangsa

Pramoedya Ananta Toer – Anak Semua Bangsa

Membaca roman Anak Semua Bangsa, lanjutan dari Bumi Manusia. Bercerita Minke setelah mendapat pendidikan formal lalu meluaskan pergaulan dengan berbagai kalangan. Dalam roman kedua ini adalah langkah observasi lapangan, yang dalam perkuliahan sekarang menyebutnya pengabdian atau KKN (kuliah kerja nyata).

Karena tidak semestinya kaum terpelajar pribumi tidak kenal pada bangsanya sendiri. Jangan hanya kenal bangsa-bangsa lain atau hanya belajar dari buku-buku. Sesungguhnya kaum terpelajar mengenal bangsa lain ialah untuk mengenal bangsanya sendiri. Aku menggaris bawahi kata-kata ini: “Antara kaum terpelajar dengan bangsanya sendiri jangan sampai ada jarak sosial apalagi jarak sejarah”.

Aku ingin lebih banyak lagi membaca karya Pram. Tak ingin berhenti membaca roman Anak Semua Bangsa. Baru kali ini membaca buku cerita yang begitu menggebu-gebu. Benarlah banyak membaca cerita akan banyak mendapatkan kosakata baru. Tapi itu kalau ceritanya berbobot. Kalau ceritanya yang tak memiliki maksud, mungkin kerjaan yang sia-sia saja. Tapi apakah setiap tulisan tak bermakna?

Menulis adalah pengerahan pikiran agar bisa tertuang dalam simbo-simbol huruf. Tulisan apapun itu bakal dan harus menggerakkan pikiran. Dalam diri seorang terpelajar harus berlaku adil sejak dalam pikian sebelum dalam perbuatan. Kita harus mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya dan harus pandai memilah-memilah. Pengendalian diri harus dilatih sebagaimana bersikap yang baik sekaligus benar.

Seorang terpelajar harus menjadi penggagas bagi lingkungannya.[]


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori