Oleh: Kyan | 28/10/2006

Esensi Ozde Misteri Semesta

Ahmed - Misteri Semesta

Ahmed Hulusi- Misteri Semesta

Novel Miseri Semesta sangat menarik. Katanya manusia hanyalah satu dari tiga makhluk yang berakal. Ada tiga makhluk berakal, yakni manusia, penghuni Edipea, dan makhluk akal murni. Selain manusia, ada makhluk nomaterial yang tak memiliki kepadatan fisik. Tapi mereka bisa melakukan kontak dengan manusia.

Kukira makhluk berakal itu cuma manusia. Bahkan katanya gugusan planet sebenarnya makhluk berakal dalam kesatuan akal semesta. Semua menyatu dalam satu esensi Odze. Maka kenapa Alquran menyebutkan ada “Man” dalam ayat “Man fissama waati wal ardh..” yang artinya terdapat makhluk berakal di langit dan di bumi..

Entah ini khayalan atau hal sebenarnya yang dikisahkan dalam novel ini. Tapi para ulama mengakui bahwa ada makhluk berakal selain penghuni planet bumi. Wallahu a’lam. Hanya Allah yang maha tahu. Namun pesannya dari novel ini, janganlah kita hanya jadi manusia humanoid saja, yaitu manusia robot, hanya sekedar bentukan dari lingkungannya, atau bentukan dari pengkondisian lingkungan.

Tapi harus mempu menyikapi dunia dengan yang seharusnya sebagai mana ia disebut “manusia”. Ia mempunyai akal yang harus digunakan secara optimal. Pengejaran hidup bukan hanya dunia materi belaka dan tidak menurutkan hawa nafsunya. Ada yang lebih penting dari itu, yakni memahami hidup yang sebenarnya. Maka menjadilah manusia![]


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori