Oleh: Kyan | 22/10/2013

Tahu Gaplok dan Slondok Tasik-Garut

Tahu Gaplok dan Slondok Tasik-Garut

#

Tahu Gaplok

Tahu Gaplok

Hub. 0857-2110-4424

Jika Tuan dan Puan mampir ke Tasikmalaya, apalagi orang Garut yang hendak datang ke Tasikmalaya, atau siapapun saja yang kebetulan lewat jalan Tasikmalaya, cobalah mampir ke daerah Nagarawangi, dekat Masjid Ihya Assunnah, belakang SD Nagarawangi. Tempatnya masih kota, daerah Paseh, tempat berkumpulnya ma’had Salafi. Di sanalah ada pemuda bersama istri dan puterinya sedang merintis sebuah usaha—produksi dan pemasaran—tahu gaplok dan slondok. Cobalah cicipi dulu saja untuk oleh-oleh rasa tahu dan slondok yang rasanya yang khas.

Meski ia berasal dari Garut, ia ingin keluar dari konvensi, dari pakem orang Garut dalam merintis usaha populer UMKM, ingin membuktikan bahwa orang Garut tidak hanya pandai membuat dodol, tapi ingin merambah usaha dan jenis baru.

Aku mengenalnya ketika sama-sama bekerja di suatu perusahaan di Bandung. Aku baru dua tahun tujuh bulan memutuskan keluar, sedangkan ia sudah lima tahun bekerja yang tak jua membawa perubahan selain, selain hanya berubah posisi tanpa kenaikan gaji. Entahlah ia mengikutiku atau memang keputusan sendiri ingin memutuskan resign. Bekerja—setidaknya ini menurutku—ibaratkan hanya untuk bertahan hidup saja. Bukan berarti tidak bersyukur atau tidak pandai menabung, seiring bertambahnya tanggungan keluarga, meski kebutuhan sama tapi dengan naiknya BBM otomatis harga-harga sembako naik pula. BBM ibarat sebuah lantai. Lantainya dinaikkan ke lantai dua, maka barang-barangnya harus dinaikkan ke lantai dua.

Slondok

Slondok

Makanya ia sedang mencoba berniaga, menjadi pelaku usaha, mencoba menghidupkan denyut nadi jiwa enterpreneurship-nya sebagai orang Priangan Timur. Sebagai sahabatnya, aku hanya bisa mendukung dan membantu semampuku. Termasuk tulisan ini bermaksud untuk memberitahukan kepada Tuan dan Puan bahwa Tahu Gaplok dan Slondok buatannya memang rasanya gurih dan “nendang” lidah kulum kita. Tak percaya, cobalah datang kesana! Ke ruang produksi Khansa! Hub. 0857-2110-4424![]


Responses

  1. wah… saya mau nyoba pak ah… kalau sedang main ke tasik.. terimakasih pak info wisata kulinernya,,, menjadi bahan referensi buat saya ketika saya bepergian melewati kota tasikmalaya.

  2. terima kasih kawan udh mampir ke blog kami, dan lebih gembiranya kami kalau kawan-kawan semuanya mampir ke Tasikmalaya. salam.


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori