Oleh: Kyan | 09/01/2014

Bumi Bagian Dari Kampung Saya (I)

Bumi Bagian Dari Kampung Saya (I)

##

Bola BumiBerikut ini adalah jejak kronologis sejarah peradaban manusia, berupa tahun peristiwa besar sepanjang sejarah manusia, baik itu peristiwa alam ataupun riak-riak dinamika hidup manusia. Terutama dalam lingkup peradaban Nusantara, Islam, dan Eropa yang saya kumpulkan dari beberapa buku sejarah, untuk nanti menjadi referensi penyusunan buku “Dari Atlantis Lemuria Sampai Orde Reformasi Indonesia”.

Ini hanya salah satu upaya awal yang nanti akan terus direvisi sesuai temuan-temuan terbaru, untuk menelaah kembali secara inten tentang tata buku masa lalu kita sebagai manusia, sebagai bangsa Indonesia, supaya dapat mengalirkan dan merekayasa, atau merekonstruksi apa dan bagaimana nanti tata buku masa depan kita untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan. Ini sekedar upaya sederhana untuk mengartikulasikan makna dari semua.

Permulaan Peradaban manusia, sejak awal penciptaan semesta sampai pada pembentukan koloni-koloni manusia yang mendirikan pemerintahan sendiri-sendiri, atau sejak berpindahnya Nabi Adam yang diturunkan dari surga bumi (surga yang ada bumi, menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, dan boleh jadi surga bumi Atlantis: Jawa itu maksudnya Hawa, kata yang mengalami perubahan pengucapan lidah) dan Nabi Adam tiba di Everest India (korban Atlantis yang bereksodus ke India), sampai periode akhir Sebelum Masehi (SM) ketika sang kaisar Romawi, Flavius telah menganut agama Yahudi dan menjelang lahirnya Isa Al-Masih (Yesus Kristus).

Pada Mulanya

Awal Penciptaan

Bahwasannya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah satu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup (QS Al-Anbiya: 30); Memulai penciptaan pertama seperti menggulung lembaran-lembaran kertas, kemudian dipisahkan (QS Al-Anbiya: 104) dimana ayat ini disinyalir sesuai sesuai temuan teori Big Bang.
Dan Kami bangun di atas kamu tujuh langit yang kukuh, dan Kami jadikan pelita yang amat terang, dan Kami turunkan air dari awan yang banyak tercurah untuk menumbuhkan biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan (QS An-Naba 12-15)
Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman, “Jadilah” maka jadilah seorang manusia (QS Ali Imran: 59); Allah menciptakan pasangannya (Hawa, Eva) dari jenis yang sama seperti Adam (An-Nisa: 1); Diciptakan dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang dibentuk (QS Al-Hijr: 28) Dibentuk seperti membuat tembikar (QS Ar-Rahman: 14) bila sudah sempurna, Kami tiupkan Ruh (QS Al-Hijr: 29)
Dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak (An-Nisa: 1); Menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal (QS Al-Hujurat: 13); Untuk beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati dalam menaati kebenaran dan menetapi kesabaran (QS Al-Asr: 3); Untuk memikul amanat (QS Saba: 72); Menjadi Khalifah di muka bumi (QS Al-Baqarah: 30)

 

ABAD 250 Juta SM

250 juta

Ledakan Siberian Traps di Siberia yang diduga memusnahkan 90 persen spesies di lautan. Terjadi pula ledakan Deccan Traps di India yang berbarengan dengan tumbukan meteorit yang menghabisi era Dinosaurus.

2,5 juta

Letusan supervulkano di wilayah Cerro Galan, Argentina (2,5 juta tahun yang lalu); Letusan supervulkano di wilayah Island Park Caldera, Idaho, Amerika Serikat yang memuntahkan 2.500 kubik magma (2,1 juta tahun yang lalu);

4 juta

 Letusan supervulkno di wilayah Atana Ignimbrite, Cile (4 juta tahun yang lalu); Letusan supervulkano Yellowstone di Amerika Serikat (620 ribu tahun yang lalu).

840 ribu

Letusan Gunung Toba menghasilkan Kaldera Porsea (Oldest Toba Tuff) terjadi 840 ribu tahun yang lalu. Meletus lagi 501 ribu tahun lalu menghasilkan Kaldera Haranggaol.

126 ribu

Mulainya pengendapan Cekungan Bandung, berupa batuan gunung api dan sedimen danau.

120 ribu

Kemunculan penghuni bumi Out of Africa, yang dikatakan sebagai nenek moyang manusia modern (homo sapiens).

 

ABAD 80000 SM

80000 SM

Menurut Scha Jones, ahli evolusi menusia bahwa terjadi dua gelombang kedatangan homo sapiens dari Arfika menuju Asia. Pertama pada abad itu yang membawa teknologi baru.

75000 SM

 

Periode Zaman Pleistosen adalah kurun waktu sekitar 2,7 juta tahun lalu dan berakhir kurang dari 11.600 tahun lalu. Pleistosen disebut juga periode Antropozoik atau Quaternary. Pada Zaman Es, Indonesia dan Australia membentuk suatu perluasan daratan yang sangat besar.

74000 SM

Meletusnya Gunung Toba yang sangat dahsyat membentuk Kaldera Sibadung, menghancurkan wilayah Atlantis Lemuria (Atlantis Pertama), dan penduduknya menyelamatkan diri eksodus ke India. Setelah kondisnya sudah tenang kembali, sebagian kembali ke tempat asal (Nusantara) dan ada yang tetap di diaspora membangun peradaban di Lembah Sungai Indus, atau ada yang selanjutnya menuju Afrika membangun peradaban Mesir Kuno. Mereka yang kembali menghuni wilayah Taprobane (semenanjung emas) wilayah lokasi meletusnya Toba.

71000 SM

Populasi manusia penghuni bumi diperkirakan menyusut dari puluhan ribu menjadi 3000-10000 orang (menurut perhitungan Kenneth Weiss). Fakta menguatkan karena letusan Gunung Toba.

70000 SM

Dari penelitian mitokondria DNA, antropolog Henry Harpending dan ahli genetika Lynn Jorde terkejut dengan temuan bahwa pada masa 70000-80000 terjadi homo sapiens hampir punah.

65000 SM

Puncak zaman Glasial (70000 SM); Populasi homo sapiens yang terisolasi kembali tumbuh dan menyebar secara dramatis ke berbagai penjuru bumi. Penguatan fakta bahwa setelah keadaan normal kembali, populasi manusia mulai bergerak lagi.

26500 SM

Letusan supervulkano gunung di Salendia Baru, yang membentuk Danau Taupo.

20000 SM

Masa akhir terbentuknya Cekungan Bandung yang mengakibatkan Bandung menjadi Danau Sangkuriang.

10000 SM

Menurut Scha Jones, abad ini terjadi gelombang kedua kedatangan homo sapiens dari Afrika menuju Asia, dimana fosil spesies di atas lapisan abu vulkanik, dan di bawah abu vulkanik gelombang migrasi pertama sebelum meletusnya Gunung Toba.

 

ABAD 15000 SM

15000 SM

Berdasarkan temuan artepak bahwa pada abad ini cara bertanam padi telah berkembang di Timur Jauh.

11600 SM

Meletusnya Gunung Krakatau, menghancurkan wilayah Atlantis Putra (Atlantis Kedua) yang terjadi di masa akhir Zaman Pleistosen. Terjadinya ledakan dahsyat gunung berapi (Meltwatar) yang menyebabkan panas bumi yang mencairnya es kutub bumi dan gletser-gletser Himalaya, yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Naiknya permukaan air laut mengakibatkan daratan bumi yang kini bernama Kepulauan Nusantara (Indonesia) adalah puncak-puncak dari gunung dan dataran-dataran tinggi benua yang tenggelam tersebut.

10000 SM

Mulainya zaman Neolitikum; mencairnya gletser Himalaya menyebabkan wilayah sekitarnya mengalami kekeringan, sehingga penduduknya harus meninggalkan negerinya (eksodus) menuju tempat-tempat yang sebagian kini mendiami Asia Tenggara, yang membentuk ras Mongoloid. Terjadi percampuran antara bangsa Atlantis yang kembali dari India dengan imigran Himalaya mendiami Nusantara.

9000 SM

Sebagian mereka terpaksa mengembara dan menjarah menjadi orang-orang barbar seperti Yueh Chi, Tocharia, Hsiung-nu (Bangsa Hun), dan sebagainya. Mendirikan peradaban besar di Mesir Kuno, Mesopotamia, Afrika Utara dan sekitarnya, bahkan sampai ke Oseania dan Amerika (mendirikan peradaban Inka dan Maya).

 

ABAD 5000 SM

5875 SM

Berdasarkan sumber Atlas Sejarah Nabi dan Rasul-nya Sami Ibn Abdullah bahwa Adam dan Hawa “diturunkan” (dipindahkan) dari surga. Surga yang kata Ibnu Qayyim Al-Jauziyah adalah surga bumi, dan bagi sebagian orang lagi bahwa surga itu terletak di Nusantara (Atlantis). Dari Ibnu Abbas berkata bahwa Adam diturunkan di India, di puncak Everest Himalaya (Temuan ilmiahnya: melakukan eksodus dari Atlantis menuju India) dan begitu pula Hawa. Adam dan Hawa bertemu kembali di Jabal Rahmah Muzdalifah (Makkah).

5800 SM

Batas akhir pernikahan silang anak-anak Adam dan Hawa, yang terkenal dengan kisah Habil dan Kabil. Habil menikah dengan Iqlima yang cantik (kembaran Kabil), dan Kabil dengan Labuda (kembaran Habil).

5622 SM

Hawa melahirkan anak bernama Sys (Syits) tanpa kembaran yang nantinya menjadi leluhur Nabi dan Rasul, yang terutama Nabi Idris. Nabi Allah mengutus Sys menjadi Nabi dengan menerima 50 kitab.

4350 SM

Keturunan Nabi Sys, yaitu Idris menjadi Nabi saat Nabi Adam a.s berusia 622 tahun. Dalam Tarikh At-Thabari disebutkan, “Lahir bagi Burd seorang anak bernama Akhnukh (Henokh) dan dia adalah Idris.” Nabi Idris menerima 30 mushaf dari Allah SWT. Lalu Nabi Idris berencana pergi ke Mesir (Temuan ilmiah: keturunan Atlantis melakukan eksodus lagi dari India menuju Mesir)

4000 SM

Periode Awal Zaman Amratian; Masa hidup bangsa Sumeria di Mesopotamia kuno, di lembah Tigris-Eufrat, yang menjadi tempat kelahiran Nabi Nuh.

3500 SM

Periode Akhir Zaman Amratian; Terjadinya Bahtera Nabi Nuh yang terdampar kemudian di Gunung Ararat (Turki). Pada masa sebelum Nabi Nuh telah terjadi penyimpangan akidah pertama, sehingga untuk meluruskan kembali tauhid ia berdakwah sampai 950 tahun.

3000 SM

Para Pelaut dari Formosa (ras Mongolia) datang ke Nusantara, bersama penduduk setempat membangun kano-kano dan menemukan sistem cadik dalam perahunya.

3102 SM

Permulaan Tahun Kali Yuga; Masa tenggelamnya wilayah Delta Indus India (Atlantis Ketiga) di pantai Barat India, wilayah Dvaraka (Dwaraka). Dwaraka adalah ibukota kekaisaran Krishna.

2100 SM

Di kawasan Al-Hijr yang sekarang bernama Madain Shaleh, hiduplah kaum Tsamud yang punya kemampuan memahat gunung menjadi bangunan indah, sehingga menjadi sombong dan ingkar. Muncullah Nabi Shaleh as untuk mengingatkannya.

2000 SM

Masa zaman batu muda (Neolitikum). Moyang Nusantara sudah pandai membikin peralatan dari batu-batu yang diasah sehingga menjadi halus untuk perkakas produksi. Pada masa ini pula di Nusantara telah mengenal kebudayaan tembikar dan tenun.Bangsa Amorit menaklukan Sumeria-Akkadian, dan menjadikan Babilonia ibu kota mereka.

 

ABAD 2000 SM

1997 SM

Abram (Nabi Ibrahim a.s) dilahirkan di Kaldea, atau wilayah Ur Kasdim (Irak selatan) pada masa Raja Namrud bin Kan’an.

1911 SM

Nabi Ibrahim melaksanakan titah Tuhan supaya meninggalkan Ur Kasdim bersama istrinya, Sarah dan keponakannya, Luth (Nabi Luth a.s), Harran dan istrinya, Milka untuk melakukan perjalanan ke Kan’an, daerah barat daya Harran (Turki sekarang). Lalu berangkat lagi menuju Damsyik (Damaskus, Suriah) dan sampailah di Hebron (Israel sekarang). Lalu pergi ke Mesir yang pada waktu itu di bawah kekuasaan Amalik (Hiksos) mengambil budak bernama Siti Hajar sebagai istri keduanya, yang melahirkan Ismail

1897 SM

Peristiwa bencana kaum Luth di lembah Jordan, yang dihuni oleh bangsa Sodom dan Amora yang telah melakukan liwath (penyimpangan seksual) yang kini menjadi Laut Mati. Masa itu ketika Nabi Ibrahim berusia 120 tahun, Sarah berusia 90 tahun, dan masa lahirnya Nabi Ishak as.

1892 SM

Karena istrinya, Sarah cemburu pada Hajar, Nabi Ibrahim membawa Hajar dan anaknya, Ismail menuju Kanaan, Makkah. Siti Hajar (ibunda Nabi Muhammad SAW) diindikasikan mengalir darah leluhur bangsa Atlantis yang bermigrasi ke Mesir.

1850 SM

Ibrahim bersama Ismail membangun atau meninggikan fondasi Ka’bah. Karena Ibrahim sudah tua, terpaksa berdiri pada batu yang kini disebut mawam Ibrahim untuk meninggikan fondasi Ka’bah.

1800 SM

Peradaban Lembah Indus India mulai merosot, sehingga mengundang Bangsa Aria dari Persia untuk menyerangnya.

1850 SM

Bangsa Aria dari Persia menginvasi Lembah Indus yang dihuni Bangsa Dravida, yang kemudian muncul kumpulan syair Rig Veda. Transaksi perdagangan antara Mediterania dan Samudera Hindia, antara Indus dan Babilonia mulai mapan baik jalur laut maupun darat. Di Terqa (Eufrat Tengah ditemukan cengkeh, yang saat itu satu-satunya cengkeh hanya ada di Kepulauan Maluku).

1700 SM

Kaum Israel, atau tepatnya keturunan Ishak (anak Ibrahim) bernama Yakub (Nabi Yakub a.s) di tanah Sikhem (Tepi Barat sekarang) beremigrasi ke Mesir. Migrasi karena Kanaan sedang mengalami paceklik, dan Yusuf Ibn Yakub (Nabi Yusuf a.s) telah diangkat jadi wazir di Mesir (Kisah kenapa Yusuf bisa sampai ke Mesir, silakan baca sejarah Nabi Yusuf a.s);

 

ABAD 1500 SM

1500 SM

Bangsa Arya memulai migrasi besar-besaran menuju India; Migrasi kedua bangsa Mongoloid ke kawasan Asia Tenggara membawa kebudayaan perunggu, bercampur dengan penduduk setempat membentuk identitas baru nenek moyang Nusantara bernama suku Austronesia. Di Pulau Timor sudah ada peternakan kambing.

1250 SM

Kaum Israel di Mesir menerima intimidasi dari penguasa setempat (Firaun), sehingga menjadi kelas budak di Mesir, yang dari sistem sosial demikian melahirkan seorang Moses (Nabi Musa a.s) untuk memimpin perlawanan kepada Firaun dan Tuhan menyuruhnya emigrasi ke tanah yang dijanjikan (Yerusalem)

1200 SM

Musa menerima wahyu di Gunung Sinai dan akhirnya wafat dan digantikan Yoshua, yang memimpin perjalanan menuju tanah yang dijanjikan (Kanaan) dengan menyerang dan memusnahkan penduduk setempat dan sisa yang selamat adalah dua belas suku Israel (sumber: Yoshua)

 

ABAD 1000 SM

1000 SM

Penaklukan Kanaan terus berlanjut di bawah panglima Israel seperti Gideon, Deborah, dan Samson. Mulai dibangun kuil-kuil untuk Yahweh di Shiloh, Dan, Bethel, Betlehem, dan Hebron, sampai Raja Daud (Nabi Dawud a.s) menaklukkan kota Yebus di Yerusalem.Bangsa Arya mendiami lereng-lereng Himalaya dan Sungai Gangga, mempelajari pembuatan perkakas dari besi.

Kapal Tarsis dan Hiram membawa emas, perak, gading kera dan burung merak yang dipersembahkan kepada Raja Sulaeman.

800 SM

Zaman Aksial awal; adalah awal Zaman Kapak; Abad ke-9 SM adalah periode Villanova adalah masa kebudayaan tertinggi bangsa perantauan Etrusca di Etruria. Bangsa Asyur/Assyria menguasai Babilonia

869 SM

Raja Ahab naik tahta di Kerajaan Israel (darah Utara). Ia yang menikahi Izebel, anak perempuan Raja Tirus dan Sidon yang seorang pagan. Menjadi catatan pada masa sebelumnya, Israel terpisah kerajaan menjadi dua, Kerajaan Israel (daerah utara yang dihuni sepuluh suku Israel) dan Kerajaan Yehuda (daerah selatan, berkedudukan di Yerusalem)

792 SM

Seorang anggota kerajaan Yehuda mendapatkan penampakan Yahweh di Kuil Sulaeman. Masa sulit Israel ketika Raja Uzia mangkat, dan digantikan anaknya, Ahas yang memerintahkan warganya menyembah dewa pagan.

752

Nabi Amos mendatangi Kerajaan Israel di Utara, memasuki Kuil dan berkhotbah tentang bencana.

 

ABAD 700 SM

722 SM

Bangsa Assyria di bawah pimpinan Raja Tiglat-Pileser III menaklukan Kerajaan Israel dan sepuluh suku Israel dimusnahkan oleh Bangsa Assyria pimpinan Raja Sargon II.

700 SM

Mulai perayaan Festival Tahun Baru di Babilonia.

650 SM

Bangsa perantauan Etrusca ke negeri Italia Kuno.

622 SM

Pada Raja Yosiah, pendeta tinggi Hilkiah menemukan manuskrip dari Kitab Ulangan yang membuat Yoshua dipenuhi ketakutan, dengan menyimpulkan bahwa pendudukan Yerusalem tergantung pada kepatuhan pada ajaran murni Taurat dan harus menolak sinkretisme (Reformasi Yosiah; sebagai permulaan gerakan fundamentalis Yahudi)

606 SM

Kerajaan Yehuda mengetahui bahwa Raja Nabupolasar dari Babilonia akan menyerang.

604 SM

Nebukadnezar naik tahta, menggantikan Nabupolasar. Nabi Yeremia membangkitkan perspektif Yesaya, bahwa Tuhan menggunakan Babilonia untuk menghukum Israel.

600 SM

Pindar dari Yunani menulis Ode mengenai pertandingan Olimpiade. Masa hidup Pythagoras yang pemikirannya banyak dipengaruhi tradisi Indus India lewat Mesir dan Persia.

622 SM

Dalam masa Raja Yosia di Yehuda, mengubah kebijakan sinkretik para pendahulunya, Raja Manasye dan Raja Amon.

600 SM

Suku Naga (Bangsa Dravida) mulai mendiami Kelaniya (Srilangka) sampai 500 SM, yaitu masa masuknya agama Budha.

 

ABAD 500 SM

589 SM

Kerajaan Babilonia pimpinan Nebukadnezar menghancurkan Yerusalem, dan penduduknya diusir ke Babilonia dan yang tersisa hanya para petani dan orang miskin di Yudea dan Samaria. Masa kemunculan Nabi Yehezkiel.

538 SM

Munculnya Siddharta Gautama meninggalkan istana mewah di Kapilawastu untuk jadi seorang pertapa di daerah utara Benares.Persia Di Bawah Pimpinan Cyrus, Menaklukan Babilonia dan Memberi Izin Pada Kaum Yahudi sebanyak 42.360 orang boleh kembali ke Yerusalem. Mulai Perpisahan atau Perbedaan Pandangan Di Antara Kaum Yahudi: ada kaum yang ingin tetap di Babylonia sebagai kaum diaspora, ada pula yang berpikir kembali membangun hegemoni Israel di Yerusalem. Termasuk Nabi Yunus a.s yang lahir di diaspora, berdakwah di kota Niniwe.

521 SM

Pasukan Persia pimpinan Darius I menuju Laut Merah.

500 SM

Masa penulisan Kitab Keluaran; di Indus India muncul kumpulan terakhir Kitab Upanishad atau Vendanta (Bab Penutup Weda);Bangsa Polinesia berasal dari Sumatera menempati wilayah India Selatan (sumber: James Hornell)

500 SM

Bangsa Austronesia (leluhur bangsa Polinesia) yang mendiami Nusantara menjadi besar membentuk koloni-koloni Aristokrasi, atau kerajaan-kerajaan. Di Indonesia Timur muncul Bangsa Lapita yang dikenali lewat barang-barang gerabah/tembikar.Bangsa Yunani mulai memelihara burung-burung merak di kebun-kebun mereka.

 

ABAD 300 SM

428 SM

Masa kehidupan Plato (428-348 SM) yang menulis Timaeus dan Critias, yang mengkaji persoalan epistemologi dan hakikat kebijaksanaan untuk membela dan menyebarkan pemikiran gurunya, Socrates.

399 SM

Socrates dihukum mati dengan tuduhan merusak para pemuda dan murtad.

384 SM

Masa kehidupan Aristoteles (384-322 SM) sebagai orang pertama yang mengapresiasi arti penting penalaran logis, basis semua ilmu pengetahuan. Aristoteles menentang gagasan Plato tentang transendensi bentuk-bentuk.

322 SM

Alexander dari Makedonia menaklukkan Darius III (Persia). Bangsa Yunani mulai menjajah Asia dan Afrika, mendirikan negara kota di Tirus, Sidon, Gaza, Philadelphia (Amman), Tripoli, dan Sekhem.

300 SM

Ibrahim membawa rakyatnya menuju Laut Tengah.

350 SM

Bangsa Arya bersiap menuju Deccan. Bangsa yang berasal dari stepa-stepa di Ukraina yang tidak pernah melihat laut akan lebih jauh bergerak ke arah selatan.

 

Alexander menyeberangkan pasukannya dari Indus menuju lautan, sekitar 8.000 pasukan.

 

ABAD 200 SM

276 SM

Masa kehidupan Eratosthenes, seorang ahli matematika, geografi, dan astronomi Yunani, orang pertama yang menaksir keliling bumi dan jarak antara mathari dan bulan; Masa penulisan Kitab Amsal, tentang Hikmat (Sophia) merupakan rencana Tuhan saat menciptakan dunia yang demikian adalah ciptaan yang pertama.

200 SM

Zaman Aksial Akhir (Zaman Akhir Kapak); Bangsa perantauan Etrusca di Etruria yang dominan di Italia Kuno dijajah Romawi Kuno; Terjadi permusuhan meningkat antara Yahudi dengan Yunani dalam masalah teologi. Bahkan di Yerusalem terjadi pemberontakan ketika Antiokhia Epiphanes, Gubernur Seleukia berupaya melakukan helenisasi atau memperkenalkan kultus Zeus di Kuil Yerusalem.

 

Yesus bin Sirakh, seorang Yahudi Yerusalem menyenandungkan Hikmat (Sophia) di hadapan Majelis Suci

 

ABAD 100 SM

188 SM

Mithradates II (188-123 SM) membangun kerajaan Parthia, menggunakan gelar Persia kuno Shahanshah (raja diraja)

146 SM

Pasukan Romawi (penguasa Mediterania) menggasak Afrika Utara, akhir dari perdamaian Kartago

 

Mulainya kepercayaan apokaliptik Yahudi atas nasib mereka tidak kunjung membaik yang mengharapkan kedatangan Sang Mesiah, yang kemudian melahirkan kaum Eseni dari kaum Rekhab dan Nazar yang melakukan pengasingan dari kaum Saduki (kaum Israel yang bekerja sama dengan Romawi)

 

ABAD 10 SM

96 SM

Terjadi kesepakatan bahwa Sungai Eufrat sebagai perbatasan wilayah antara Romawi dengan Parthia. Tapi Pasukan Romawi menyerang Mesopotamia, yang merupakan wilayah Kekaisaran Parthia

66 SM

Revolusi besar Yahudi melawan Romawi dan menahan banyak prajurit Romawi; Kaum Rabi mulai menyusun penulisan yang kemudian lebih dikenal sebagai Talmud.

53 SM

Marcus Licinius Crassus menyerang Parthia, adalah perang pertama antara Romawi dengan Parthia

40 SM

Wafatnya Philo, seorang filsuf Yahudi di Alexandria yang menulis tentang Tuhan dalam kerangka filsafat Yunani, sehingga agama Yahudi dapat dipahami dan diapresasi oleh seorang pagan menjadi mualaf Yahudi. Diindikasikan Flavius (Kaisar Romawi) mungkin telah beralih agama menjadi Yahudi.

33 SM

Pertempuran Carrhae: Crassus menyeberangi Eufrat, yang membuat Crassus tewas.

 

NOTE : Bersambung ke Bumi Bagian Dari Kampung Saya (II)    


Kategori