Oleh: Kyan | 11/01/2014

Bumi Bagian Dari Kampung Saya (III)

Bumi Bagian Dari Kampung Saya (III)

##

Bola BumiBagian III adalah jejak kronologis, mulai dari Peradaban Barat sejak dari munculnya apokaliptik baru akibat Reformasi Cluny, yang membangkitkan delapan kali Perang Salib, sampai pada kemunduran Byzantium di Konstantinopel (Romawi Timur); lalu Peradaban Islam, dari masa pembubaran formal Kekhalifahan Umayyah Cordoba, sampai Bangsa Mongol menyerang Baghdad tanda keruntuhan Daulah Abbasiyah dan anak keturunannya memeluk Islam;

Dan Peradaban Nusantara, dimulai dari penyerangan Sriwijaya (Palembang) ke Kanjuruhan (Malang) sampai berdirinya Majapahit oleh Raden Wijaya. Karena Sriwijaya diserang kerajaan Chola (India) membuat Airlangga punya kesempatan menyerang daerah kekuasaan Sriwijaya di Jawa, sehingga Airlangga menjadi raja Jawa terbesar, sampai terjadi kudeta oleh Ken Arok yang mendirikan Singhasari dan keturunannya mendirikan Majapahit, lalu ke seterusnya lagi mendirikan kerajaan Islam Demak.

 

ABAD 11

1000

Selanjutnya dari Reformasi Cluny memunculkan apokaliptik baru, bahwa para Nabi Sibil lama dari Romawi kuno pernah berkata sebelum akhir dunia, seorang kaisar dari Barat akan dinobatkan di Yerusalem dan akan bertempur melawan Anti-Kristus.

1009

Al-Hakim dari Dinasti Fatimiyah merusak Gereja Holy Sepulchre di Yerusalem, kemudian memperbaikinya lagi; Penghancuran Madinah Al-Zahra; Cordoba memberontak melawan Amiriyyah; Wafatnya Hisham II

Pangeran Fulk dari Anjou melakukan ziarah ke Yerusalem, dan membawa relik sepotong batu Maqam Suci ke negeri asalnya sebagai batu fondasi pembangunan gereja di Loches, Lembah Loire, yang kemudian keturunannya menjadi raja-raja Kristen Yerusalem.

1017

Penyerangan Sriwijaya ke Kerajaan Kanjuruhan, yang saat itu Dharmawangsa sedang mengadakan pesta pernikahan puterinya dengan Airlangga dari Bali (Airlangga berdarah Isyana yang ayahnya, Warmadewa dari Sanur)

1027

Ibnu Hazm menerbitkan Tawq Al-Hamamah (Cincin Merpati)

1031

Pembubaran formal Kekhalifahan Umayyah Cordoba; Munculnya Dinasti Taifa

1033

Terjadi bencana kelaparan yang meluas di Eropa, yang melahirkan golongan miskin, yang menjadi pelaku ziarah pertama ke Yerusalem dalam jumlah besar.

1040

Ferdinand menyerbu wilayah muslim di Galicia; Dunia Muslim mendirikan pabrik kertas yang mengapung di Sungai Tigris, penggunaan kertas untuk membungkus dagangan sayuran dan rempah-rempah.

1049

Uskup dari Toul menjadi Paus Leo IX, yang dua belah setelah penobatannya membentuk milisi Romawi untuk menyerang kaum Normandia.

1055

Berdirinya Dinasti Seljuk.

1061

Pangeran Roger menyerbu pertahanan muslim di Sisilia.

1064

Pasukan Normandia, Prancis, dan Italia menyerang Barbastro (Spanyol Utara)

1066

Pertempuran Hastings: peristiwa penting Eropa dimana William dari Normandia menyerbu kerajaan Anglo-Saxon Inggris

1071

Paus Gregory VII menyeru para ksatria St. Petrus untuk berbaris ke Timur untuk membebaskan orang-orang Yunani dari Turki. Tapi tak begitu banyak yang mendengar seruannya.

1082

Tahun prasasti Islam berupa batu nisan bernama Maimun yang ditemukan di Leran, Jawa Timur.

1085

Dinasti Muslim Spanyol menyerahkan Toledo kepada Alfonso VI dari Kastilia. Alfonso dibantu oleh para ksatria kaum Frank.

1086

Kaum Murabitun tiba di Spanyol; Yusuf Ibn Tashufin mengalahkan Alfonso VI dalam pertempuran Zallaqa

1089

Paus Urban II mengusulkan siapa pun yang hendak berziarah taubat ke Yerusalem, harus juga melakukan perjalanan panjang menuju Perang Penaklukan kembali Spanyol.

1091

Berhasi pasukan Kristen di bawah pimpinan Roger menaklukan Sisilia wilayah muslim; Seorang Kristen bernama Stephen Harding, pendeta dari Sherborne bergabung di biara Molesmes dengan kepala biara bernama Robert, yang nanti melahirkan mistisme Kristen, untuk kembali ke akar tradisi Ordo Benediktin, cara hidup Kristen yang sederhana.

1095

Pada konsili Clermont, Paus Urban II menyerukan Perang Salib Pertama untuk merebut Yerusalem (25 November); Muncul gerakan Reconquista untuk merebut kembali Spanyol dari Khalifahan Islam.

1096

Peter Sang Pertapa mengkhutbahkan anti semit di Paris dan Lorraine (Maret), juga menghancurkan SHUM, kumpulan masyarakat Yahudi Jerman di lintasan sungai Rhine, dan supaya mereka selamat harus memeluk Kristen; Pasukan Kilij Arslan I (Dinasti Saljuk) bertempur melawan pasukan Peter Sang Pertapa; Pangeran Bohemund dari Taranto menyaksikan pasukan salib Normandia (Italia) menuju Brindisi menuju Timur. Normandia adalah kaum barbar Skandinavia menuju Timur. Godfrey dan Baldwin (keturunan Raja Frank, Charlemagne) dua saudara dari Bouillon bersama pasukan menuju Timur (Agustus). Robert dari Normandia, anak tertua dari William Sang Penakluk menuju Timur. Raymund dari St. Gilles (Prancis Selatan) menuju Timur.

1097

Raymund dari St. Gilles dan pasukan merebut Antiokhia dari pasukan Turki; Tentara Salib dan Byzantium dipimpin Alexius mengepung dan merebut Nicea, ibukota Saljuk di bawah penguasa Sultan Kilij Arslan I (Mei); Tentara Salib berpecah menjadi dua, [1] pasukan dibawah Baldwin dan Tancred bergerak ke Barat melalui Sisilia, berhasil merebut Adana dan Misis (September), dan [2] pasukan dibawah Bohemund dan Raymund menuju Antiokhia (Oktober) dan berhasil merebut kota Tarsus.

1098

Bencana kelaparan Tentara Kristen yang membuat Peter Sang Pertapa kabur dari pasukan (Januari); Baldwin tiba di Edessa (Februari) dan merebut kota Edessa yang dikuasai muslim dengan bantuan orang Kristen Armenia. Toros, pimpinan Kristen Armenia terbunuh (10 Maret) dan Baldwin menjadi kepala negara Edessa; Dengan bantuan Firouz (Kristen Armenia yang sudah beralih menjadi muslim, tapi tidak merasa puas) bersama resimen kaum Tafur dan Tentara Salib merebut Antiokhia, tempat Gereja kuno St. Petrus yang sudah menjadi Masjid (2 Juni). Tapi pasukan Turki bersama Kerbuqa (tentara bayaran) mengepung kembali Antiokhia (4 Juni); Pertempuran Doryaleum, dimana pasukan Salib mampu bertahan dan menyerbu pasukan Turki dengan membabi buta dan kasar sambil membawa tombak, kepercayaan pada relik kuno (28 Juni); Adhemer (pendukung Reformasi Cluny) meninggal karena tipus (1 Agustus); Pasukan Salib mengepung Maaret, Suriah (November) dan berhasil ditaklukkan (12 Desember);

1099

Terjadi perselisihan siapa yang seharusnya memimpin Pasukan Salib yang membuat kaum miskin Tafur berontak (5 Januari); Raymund dari St. Gilles dengan telanjang kaki dan kucel memimpin pasukan miskin menuju selatan (13 Januari); Esok harinya diikuti oleh Robert dari Normandia (14 Januari); Bergabung pasukan Godfrey dari Baouillon dan Robert dari Flander di kota Arqa, dan terjadi kisah Peter Bartholomew yang berjalan di atas api zaitun membawa tombak suci (13 Mei); Pasukan Salib melintasi Tirus, tempat yang pernah dikunjungi Yesus (23 Mei); Pasukan Salib tiba di benteng kota Yerusalem (7 Juni), mendesak masuk kota (15 Juli) membantai 40.000 kaum muslim dalam dua hari. Yerusalem diambil alih tentara Salib (Kaum Frank). Raja Tafur menobatkan Godfrey menjadi Raja Kristen Yerusalem, menobatkan diri sebagai pelindung Makam Suci. Paus Urban meninggal dua minggu kemudian.
  Abad Ke-11, Kerajaan Chola menyerang Sriwijaya, membuat Airlangga punya kesempatan menyerang daerah kekuasaan Sriwijaya di Jawa, sehingga Airlangga menjadi raja Jawa terbesar abad itu.
  Airlangga membangi kerajaan menjadi dua, yaitu Jenggala (Timur) dan Panjalu (Barat). Panjalu kemudian lebih dikenal dengan Daha/Kediri. Panjalu terkenal dengan raja pencinta sastra, yaitu Jayabaya. Pada masanya ditulis buku Bharatayuda, yakni peperangan Pandawa dengan Kurawa dan kitab Hariwangsya dan Gatotkacasyraya.
  Di wilayah Kediri ada kadipaten bernama Tumapel di bawah Akuwu Tunggul Ametung, yang selanjutnya menjadi Singasari di bawah kudeta Ken Arok.

 

ABAD 12

1100

Baldwin tiba di Yerusalem, menggantikan Godfrey sebagai Raja Kristen Yerusalem. Mereka mulai mengadopsi kebudayaan Timur Tengah, sudah hidup seperti dan bersahabat dengan orang Arab, sehingga menghasilkan ras campuran yang disebut Kristen Pullani (Orang Palestina bermata biru); Muslim Yerusalem yang terusir datang ke Damaskus yang disambut oleh Qadhi Abu Saad al-Harawi (15 Juli) dan demonstrasi ke hadapan Khalifah, dan Khalifah tak mampu berbuat banyak.

1101

Berangkat Pasukan Salib selanjutnya dengan penekanan pada aspek ziarah ke Yerusalem.

1104

Kaum Frank merebut Haifa, Jaffa, dan Acre.

1108

Sekelompok kecil ksatria menjadi armada polisi dengan bekas Masjid al-Aqsa dijadikan markas besar mereka. Mereka lebih dikenal sebagai Ksatria Kuil (Knights of teh Temple, The Templars)

1109

Kaum Frank merebut Aleppo dan Tripoli; Tahun berikutnya merebut Beriut dan Sidon, yang membuat lebih banyak lagi pembantaian orang Palestina.

1110

Sebagian Kristen seperti Robert dari Molesmes dan Stephen dari Sherborne meninggalkan Molesmas dan membangun biara Citeaux di Burgundi, dan Stephen menjadi kepala biara.

1111

Kadi Aleppo, memimpin demonstrasi mendesak Sultan agar mengirimkan bantuan, yang membuat tahun berikutnya terjadi pembunuhan sang Amir di Masjid Damaskus; Atabeg Tughitin dari Damaskus membuat perjanjian dengan Raja Baldwin (Yerusalem)

1112

Pasukan 48 Ksatria Kristen yang dipimpin Bernard untuk menjadi jemaat Ordo Biarawan Putih. Ordo yang paling berkuasan di Eropa abad ke-12.

1115

Bernard terpilih menjadi kepala biara di Clairvaux, sebagai pemimpin Ordo Biarawan Putih. Karena mereka banyak berasal dari kaum ksatria membawa nuansa militer dalam kesalehan Ordonya.

1126

Kelahiran Ibnu Rusyd (Averroes) di Crodoba. Filsuf yang banyak mengkaji karya Aristoteles, memperkenalkan Double Truth Prinicple yang sangat populer di dunia Barat, dan dipercaya menginspirasi Gerakan Pencerahan (Renaisans) yang mengakhiri masa kegelapan Eropa; Raja Baldwin mengirimkan dua Ksatria Kuil kepada Bernard di Clairvaux, termasuk paman Bernard, Andre dari Montand, yang menjadikan Ksatria Kuil menjadi ordo religius yang mengumpulkan banyak pengikut.

1128

Portugal keluar dari dominasi Kastilia; Terjadi titik balik kekuatan muslim ketika Sultan Rum menunjung komandan Turki, Imaduddin Zangi sebagai Atabeg Mosul dan Aleppo.

1129

Dua Ksatria Kuil, Fulk dari Anjou dan Henry dari Champagne, kembali ke Yerusalem.

1130

Raja Roger II naik tahta di Sisilia. Dia melindungi Islam dari Perang Salib

1135

Konsili Reims, melarang praktik kedokteran oleh pendeta yang katanya melanggar desain Allah.

1141

Peter dari Cluny berkeliling ke biara-biara Benedektin di Spanyol dan bertemu Robert dari Ketton (Inggris) dan Herman dari Dalmatia. Mereka sedang mencari teks mengenai matematika dan astronomi. Peter dari Cluny adalah pembela Abelard, musuh teologi Bernard yang telah membawa Abelard ke hadapan Majelis Sens. Peter dari Cluny mengutuk penggunaan militer dan ingin mendekati kaum muslim dengan semangat kasih.

1143

Terjemahan Latin Alquran oleh Robert dari Ketton

1144

Imauddin Zangi dan pasukan yang hendak merebut kembali Damaskus, berhasil merebut kota Kristen Edessa (November); Bertepatan dengan hari Passover, muncul mitologi Yahudi, seorang anak kecil bernama Willian hilang dari Norwich Inggris, ketika ditemukan tubuhnya sudah dipotong-potong untuk diambil darahnya untuk campuran roti Passover orang Yahudi (22 Maret). Ini menjadi pemicu anti-Semit Eropa.

1146

Akibat kejatuhan Edessa, Bernard, kepala biara dari Clairvaux mengkhotbahkan Perang Salib Kedua di hadapan para baron Prancis di Vezelay dan berkeliling Eropa, menemui Conrad, Raja Jerman. Bernard yang menerima seruah Paus eugenius; Imaduddin Zangi dibunuh oleh salah satu kasim pelayannya yang keturunan kaum Frank (30 September) dan digantikan anak keduanya, Mahmoud yang lebih dikenal Nuruddin yang saleh.

1147

Ibnu Tumart (Muwahidun) tiba di Andalusia; Bernard tiba di Frankfurt, bersama pasukan menyerang orang Slav dan Wend sebagai Perang Salib (Maret); Conrad dan pasukan Jerman berangkat menuju Konstantinopel (Mei); Louis dari Prancis yang telah membantai penduduk Vitry di Champagne telah dihantui merasa bersalah, bersama istrinya, Eleanor dari Aquitaine (Prancis Selatan) berangkat menuju pertaubatan ke Yerusalem dengan menaptilasi jalur Charlemagne (8 Juni)

1148

Musa Maimonides (Ibnu Maimun) pergi dari Cordoba ke Almeria dan akhirnya bermukim di Mesir; Raja Louis dan pasukan tiba di pelabuhan St. Simeon dan disambut oleh Pangeran Raymund dari penguasa Antiokhia. Raymund adalah paman Eleanor dan teman masa kecilnya, dan di Antiokhia Eleanor hamil yang tidak jelas siapa ayahnya (Louis atau Raymund); Tentara Salib Kedua dan pasukan Yerusalem yang sebelumnya sudah bersekutu dengan Amir Damaskus, Muin al-Din Unur akan menyerang Damskus. Unur meminta bantuan Nuruddin, yang sebelumnya musuh politik Unur. Damaskus berhasil dipertahankan oleh Nuruddin.

1151

Penemuan Kincir Air di Jativa (Spanyol) yang membantu penggilingan pembuatan kertas yang mulanya menggunakan palu penempa, dan tak lama kemudian penemuan proses pemotongan kertas dengan kanji gandum.

1154

Tabula Rogeriena (Book of Roger), peta dunia yang dibuat oleh Al-Idrisi di Sisilia, membantu Vasco de Gama dan Columbus

1156

Reynauld dari Chatillon menyiksa Uskup Agung Antiokhia

1157

Pasukan Mamluk menangkap Reynauld dari Chatillon; Nuruddin mulai jatuh sakit dan mulai merenungkan kebijakanmasa depannya, yang menolak menyerang Antiokhia.

1162

Raja Almaric (Yerusalem) menyerbu Mesir yang dikuasai Dinasti Fatimiyah. Lalu Nuruddin mengirimkan komandannya bernama Sirkuh, muncullah keponakannya sebagai sang pahlawan: Saladdin.

1168

Kaum Frank dibawah pimpinan Amalric menyerang Mesir, sultan Mesir meminta bantuan kepada Nuruddin, Nuruddin meminta panglima Shirkuh dan keponakannya Yusuf muda (Saladin) menuju Mesir.

1171

Ibnu Rusyd menjadi Qadi di Cordoba; Seorang Sunni dari Mosul naik mimbar Jum’at di Masjid Kairo dan berdoa atas nama Khalifah Baghdad di hadapan jamaah yang umumnya Syiah. Nyatanya tak ada tanggapan apa-apa dari kaum Syiah. Di Mesir Sunni dan Syiah bersatu.

1173

Gerard dari Ridfort, datang ke Yerusalem dan mengabdi kepada Kelompok Merpati, Reymund dari Tripoli.

1174

Baldwin IV menjadi Raja Yerusalem, menggantikan ayahnya, Amalric yang wafat. Masa itu terjadi pemisahan kelompok kaum Frank, [1] Kelompok  Merpati, yang terdiri dari mereka yang lahir di Timur Tengah dan penampilannya sudah seperti orang Arab, pimpinannya Reymund dari Tripoli, dan [2] Kelompok Elang, mereka yang datang dari Eropa, dengan pemimpinnya Reynauld dari Chatillon yang menikahi janda Raymund Antiokhia.

1175

Pemimpin Aleppo, al-Shaleh membebaskan Reynauld dari Chatillon.

1176

Saladin hampir terbunuh oleh kaum Hashishin, saat menaklukkan Aleppo dan Mosul yang tetap setia pada al-Shalih. Tapi tahun 1181 al-Shaleh wafat dan Saladin berhasil memasuki Aleppo sebagai penguasa. Kaum Hashishin adalah sekter dari Iran yang jihadnya bukan melawan kaum Kristen, tapi melawan kaum Sunni.

1177

Raja Lepra Baldwin, mengambil kekuasaan Raymund dari Tripoli yang lebih seorang Timur daripada seorang Barat.

1180

Dua Elang bergabung dengan Yerusalem, Guy dari Lusignan yang menikahi Putri Sibylla, dimana Putri Sibylla sebelumnya membatalkan menikah dengan Baron dari Merpati, Baldwin dari Ibelin; Terjadi pernikahan antara saudara tiri raja, Isabella (anak angkat Balian dari Ibelin) dengan pemuda Humphrey dari Toron (anak angkat Reynauld dari Chatillon) untuk menyatukan kelompok Elang dan Merpati.

1181

Reynauld dari Chatillon hendak menyerang Madinah dan keponakan Saladin, Faruk Shah berhasil mengusirnya ke Moab. Selanjutnya Reynauld berlayar ke Laut Merah dan membuat keonaran di pelabuhan Arabia hingga sampai di pelabuhan Rabiqh, dekat Mekah. Dan beruntung saudara Saladin, Syafuddin al-Adil segera menuju Mesir menghadang pasukan Reynauld dan lagi-lagi Reynauld lolos kembali ke Moab.

1183

Saladin menjadi penguasa Aleppo, menyeberangi Yordania dan menyerbu Galilea (September). Guy dari Lusignan, yang ditunjuk Baldwin mengerahkan pasukan di Kolam Goliath. Reynauld mendesak Guy untuk menyerang, tapi Baldwin dari Ibelin dan saudaranya, Balian memerintahkan Guy untuk menunggu.

1185

Baldwin IV Raja Lepra, Raja Yerusalem yang mengidap lepra meninggal (Maret), dan mengangkat Baldwin V masih berumur tujuh tahun sebagai raja.

1186

Baldwin V masih berumur tujuh tahun sebagai raja tapi meninggal di Acre, dan Heraclius menobatkan Guy dan Sibylla menjadi raja dan ratu Yerusalem, yang membuat Baldwin dari Ibelin pergi dengan perasaan muak dan Raymund dari Tripoli kembali ke Galilea..

1187

Ksatria Kuil dan Ordo Hospitaler berangkat ke Tiberias, untuk bertemu Balian di Galilea (29 April); Untuk menyatukan kembali kekuatan Kristen antara Guy, Raja Yerusalem dengan Raymund dari Tripoli yang sebelumnya sudah mengikat perjanjian dengan Saladin. Tapi Raymund mempersilakan pasukan Islam yang dipimpin anak Saladin, al-Afdhal memasuki Tiberias menuju Galilea, dan terjadi pertempuran kecil di Cresson (30 April); Terjadi Pertempuran Hittin, dekat lembah yang disebut Tanduk Hittin di Galilea dimenangkan Saladin, dan menawan dua pemimpin Kristen yaitu Raja Guy dan Reynauld dan Chatillon. Reynauld dipenggal karena penyerangannya menuju Madinah, dan Raja Guy dibawa ke Damaskus dan akhirnya dibebaskan (3 Juli); Conrad dari Montferrat menghimpun kekuatan di Acre, lalu ke Tirus, lalu ke Yerusalem. Saladin memasuki Yerusalem (2 Oktober), dan selama 800 tahun kemudian Yerusalem tetap menjadi kota muslim;

1189

Raja Willian dari Sisilia menghimpun kekuatan pasukan Kristen di Tirus; Bersama Raja Guy yang dibebaskan dari Tirus berangkat ke Acre; dan di belahan Eropa Paus Gregory VIII menyerukan Perang Salib Ketiga, dan antara Raja Philip Augustus (Prancis) saling menyerbu dengan Raja Henry II (Inggris), dan Henry wafat (8 Juli); Raja Richard, anak Eleanor dari Aquitaine (Perancis) menjadi penerus Henry II, menjadi Raja Inggris (3 September); Kaisar Romawi Suci Charlemagne, Frederick Barbarossa mengambil Salib untuk menapaktilasi jejak Charlemagne menuju Yerusalem (Mei)

1190

Maimonides menerbitkan Dalalat Al-Ha’irin (Petunjuk Bagi Yang Bingung); Pasukan Salib Ketiga tiba di sungai Calycadnus, Seleucia (10 Juni) yang membuat Kaisar Frederic tenggelam, dan hanya sebagian kecil yang menuju Antiokhia; Pasukan Salib pimpinan Richard (Inggris) dan Philip (Perancis) sedang berangkat menuju Timur (Juli)

1191

Tentara Salib Ketiga pasukan Richard (Si Hati Singa) merebut Acre, dan Saladin menangis ketika kotanya direbut kembali (12 Juli), dan Philip memutuskan kembali ke Eropa, sedangkan Richard memimpin pasukan merebut Arsuf dari wilayah Saladin. Terjadi negosiasi antara Richard dengan al-Adil, anaknya Saladin. Richard mengusulkan saudaranya, Joanna menikahi al-Adil agar nantinya kedua pasangan memerintah Tanah Suci Yerusalem (8 November).

1193

Pasukan Salib Ketiga pimpinan Richard sudah sampai di Beit Nuba, duabelas mil dari Yerusalem, yang membuat Saladin cemas. Tapi di Eropa, Philip Augustinus menyerbu wilayah kekuasaan Richard yang membuat dia jatuh sakit dan menyerah (2 September). Wilayah Yerusalem kembali direbut oleh jihad Islam di bawah Saladin, dan wilayah kecil dari Jaffa hingga Beirut dikuasai Kristen dengan ibukota di Acre; Richard menjadi terkenal sebagai Raja Agung Inggris dan ia pulang dan menjadi tawanan di Austria dan Saladin wafat, yang digantikan saudaranya, al-Adil yang lebih sekuler.

1195

Henry VI menaklukkan Sisilia dari Dinasti Normandia, dan menawan Irene Angelina (istri Raja Roger, Raja Sisilia yang juga putri Byzantium) dan menikahkan dengan Philip dari Swabia (putera Frederick Barbarossa), penerus Henry VI.

1197

Henry VI (ayahanda Frederick II) merancang Perang Salib melawan Romawi Timur (Byzantium)

1198

Mulai kekuasaan Paus Innocent (1198-1216), dan Raja Richard menyarankan Perang Salib berikutnya adalah di Mesir, bukan di Yerusalem. Ini menandakan bahwa Richard menganggap Perang Salib sebagai Perang Sekuler.

1199

Sebuah kelompok baron Prancis dan Flanders memimpin Pasukan Salib Keempat, mencoba mendekati dan meminta restu kepada Paus Innocent III

 

ABAD 13

1201

Bonaface dari Montferrat (Saudaranya William yang mengasuh Baldwin V dan saudaranya Conrad, Raja Jerman) memimpin pasukan Salib Keempat untuk menyerang Kairo, dan meminta bantuan kepada Enrico Dandolo dari Venesia; Pangeran Alexius melarikan diri mencari perlindungan ke Jerman dan dikenalkan oleh Philip kepada Bonaface.

1202

Tentara Salib Keempat berkumpul di Venesia (Juni) dan Bonaface tak mampu membayar kepada Dandolo, maka terpaksa harus mengikuti kemauan Dandolo untuk merebut Zara dari Hungaria (15 November);

1203

Pasukan Salib menuju Konstantinopel (April) dan mengembalikan Alexius menjadi Kaisar Byzantium (1 Agustus)

1204

Terjadi revolusi di Konstantinopel, Alexius dicekik dan Alexius Musuphlus (Menantu Alexus III) menjadi kaisar baru dengan julukan Alexius V. Membuat Pasukan Salib Keempat melawan kaum Kristen Ortodoks Yunani, yang memang musuh resmi Barat sejak Charlemagne; Pangeran Baldwin IX dari Flanders dan Hainault menjadi Kaisar Latin Byzantium. Berdirilah kekaisaran Barat di Timur (Rumania) yang membuat senang Paus Innocent III.

1208

Raymund VI dari Toulouse mengundang Peter dari Castelnau (wakil kepausan) untuk berdiskusi. Tapi Peter ditikam oleh pendukung Raymund VI, dan Innocent menulis surat bahwa Peter sudah menjadi martir (28 Maret)

1209

Paus Innocent III menyerukan Perang Salib Kelima melawan kaum bidah Catharis (kaum Albigens, golongan murni) di wilayah Toulouse (Prancis Selatan). Cathari adalah turunan dari ajaran Kristen dan Manicheainisme, dan St. Augustinus seorang pemeluk Manicheanisme. Inti ajaran bidah Cathar adalah Yesus itu bukan Tuhan.

1211

Tanggal prasasti di pemakaman Lamreh, berupa nisan Sultan Sulaiman bin Abdullah bin al-Basir.

1212

Pertempuaran Las Navas de Toloso (pertempuran di Iberia antara Muslim dan Kristen secara eksklusif sebagai muslim dan sebagai kristen). Pasukan Islam mengalami kekalahan; Kisah Tentara Salib Anak-Anak di Jerman berusia belasan tahunan, seperti Puer Apuliae (Bocah dari Apulia), Puer Noster (Anak Kita), dan Frederick Hohenstaufen (putra Raja Henry VI dari rahim Ratu Constance, Normandia dari Sisilia)

1215

Konsili Lateran Keempat dan penetapan peraturan terhadap kaum Yahudi; Perang Salib Albigensian; Penandatanganan Magna Charta; Gereja mengeluarkan aturan selibasi sebagai kewajiban bagi para pendetanya; Frederick dinobatkan duduk di tahta Charlemagne; Innocent kembali menyerukan Perang Salib Keenam, bahkan menulis surat kepada al-Adil untuk menyerahkan Yerusalem. Raja yang berangkat adalah Andrew dari Hungaria.

1217

Pertempuran Baucaire: Raymund dari Toulouse mengalahkan Simon dari Montfort dan Tentara Salib, dan rakyat Toulouse menyambutnya sebagai penyelamat tradisi mereka dari serangan orang-orang utara; Pangeran Leopold dari Austria dan pasukan menuju Timur, bergabung dengan Hungaria.

1218

Tiga armada dari Frisia, Prancis, dan Inggris tiba di Acre. Sementara kekuasaan Ayubiyah sudah dibagi tiga dengan penguasa tiga anak Saladin, yaitu al-Kamil (Mesir), al-Asyraf (Jazirah), dan Muazam (Damskus dan Yerusalem); Kardinal Pelagius (Spanyol) tiba di Damietta sebagai wakil kepausan yang menyerukan untuk mengalihkan umat “najis” bagi mereka kedalam iman sejati mereka. Misi sebelumnya pembunuhan, sekarang muncul pemikiran Kristenisasi. Gagasan ini tidak terlepas dari peran kaum Cathari. Dengan itu Innocent mendorong St. Dominic mendirikan Ordo Pengkhotbah, yang melahirkan pengkhotbah populer James dari Vitry.

1219

Tentara Mongol pertama kali menyerang Baghdad, Bashrah masih selamat dari serangannya; Francis dari Assisi (Ordo Pengkhotbah) datang ke tenda Sultan al-Kamil untuk mengkhotbahkan pesan-pesan Injil.

1220

Setelah berselisih dengan Plagius, Raja John dari Acre kembali dari Mesir ke Acre (Februari) dan menyerang kembali Mesir (12 Juli) dan gagal. Muncul bentuk baru Perang Salib dari Ordo Fransiskan tentang Kristenisasi oleh para Friar. Dan selanjutnya muncul Kaum Dominikan, mengikuti gaya Fransiskan.

1229

Santo Louis menciptakan institusi Inkuisisi Pertama untuk memusnahkan kaum bidah Cathari di Prancis Selatan. Ia memerintahkan kaum Dominikan yang sebelumnya sebagai pengkhotbah, sekarang sebagai pelaksana Inkuisisi.

1236

Kordoba jatuh ke tangan Kristen dipimpin Ferdinand III

1238

Muslim di Spanyol terdesak hingga ke Granada, Dinasti Nasrid mendirikan Al-Hambra sebagai benteng terakhir umat Islam di Eropa

1243

Masa akhir Dinasti Seljuk.

1245

Paus Innocent IV mengirimkan dua misi diplomatik kepada Bangsa Mongol, karena ia mendengar sebagian orang Mongol adalah Kristen Nestorian.

1248

Terjadi pemberontakan militer di Singasari, kematian Tohjaya (anaknya Ken Arok dari Ken Umang) yang telah membunuh Anusapati (anak Tunggul Ametung-Ken Dedes, yang dibunuh Ken Arok); Louis tiba di Siprus (18 September) untuk memenuhi Perang Salib Ketujuh dan Frederick yang sudah bersahabat dengan Sultan Mesir, menulis surat kepada Sultan al-Shalih Najmuddin Ayyub (penerus al-Kamil). Perang Salib Ketujuh disebut perang Salib Para Insinyur; Louis dan pasukan berlayar dari Siprus ke Damietta, Mesir (Mei) dan Sultan sedang diambang kematian sedangkan perwarisnya, Turansyah sedang di Jazirah; Seville jatuh ke tangan Kristen.

1249

Pasukan Salib sudah berbaris di Mansurah (20 November) dan Sultan al-Shalih wafat, tapi Sultan Syajar al-Durr mampu bertindak merahasiakan kematian Sultan, dan Fakhruddin dapat mengendalikan situasi.

1250

Pasukan Salib menyerang kota Mesir, membuat Fakhruddin yang sedang mandi dibunuh oleh Ksatria Kuil, dan seorang budak, Rakhnuddin Baibars mampu menjadi penyelamat keadaan, dan Robert dan pasukan dibantai; Akhirnya Louis dan pasukan mundur (April) dan selanjutnya Louis sakit dan menyerah; Damietta diserahkan kepada muslim (Mei); dan pasukan Salib kembali ke Acre.

1257

Tentara Mongol dipimpin Hulagu Khan bergerak menuju Baghdad, meluluh-lantakkan perpustakaan Bait Al-Hikmah;

1258

Akhir dari Kekhalifahan Abbasiyah di Baghdad, akibat serangan pasukan Mongol pimpinan Hulagu Khan.

1260

Tentara Mongol menghancurkan Aleppo (Januari), merebut Damaskus (Maret), merebut Nablus dan Gaza. Pasukan Mamluk pimpinan Sultan Sayfuddin Qutuz menyerbu Palestina (Juli) dengan kemenangan di Ain Jalut (3 September) membantai seluruh Tentara Mongol.

1261

Bangsa Yunani merebut kembali kekaisaran Byzantium dari Bangsa latin Eropa dengan kondisi Konstantinopel terluka parah. Perang Salib Keempat antar kaum Kristen telah melahirkan aib pemisahan permanen antara Kristen Barat dan Kristen Timur; Baibars, pahlawan pertempuran Mansuriah Mesir membunuh Sultan Qutuz, dan naik menjadi Sultan Mamluk.

1265

Pemimpin Mongol wafat, Baibars memanfaatkan situasi untuk merebut kembali wilayah Mongol.

1268

Baibars menaklukkan Kastil Beaufort (dekat Acre); Menuju Tripoli dan Antiokhia (Mei); Merebut Antiokhia (14 Mei), sehingga Baibars berhasil menyatukan Damaskus, Aleppo, dan Kairo; Menjadikan wilayah kekuasaannya menjadi pusat seni dan pengetahuan; Louis kembali datang ke Timur dan tiba di Tunisia.

1270

Terjadi pertempuran pasukan Salib dan Islam, pasukan Salib terkena wabah penyakit dan Raja Louis Prancis wafat (25 Agustus); Louis dimakamkan di Palermo, Sisilia bersama Frederick, tentara Salib pendahulunya.

1271

Berdiri kerajaan Islam pertama di Indonesia, Samudera Pasai; Sultan Baibars menaklukkan Krak Des Chevaliers (Suriah) dan sebagian Tripoli.

1276

Berdiri pabrik kertas pertama di Dunia Barat, di Fabrino (Italia) dan seabad kemudian di Nuremberg (Jerman).

1282

Datangnya dua utusan dari Samudera Pasai bernama Arab datang ke Istana China.

1287

Cucu Hulagu Khan, Il-Khan Arghun mendekati Paus untuk menawarkan aliansi untuk melawan Dinasti Mamluk;

1290

Kedatangan armada Perang Salib dari Italia berlayar menuju Acre; Sultan Qalawun wafat, dan digantikan anaknya, al-Asyraf Khalil.

1291

Kembali datang pasukan Salib dan pasukan Mongol dan terpaksa gencatan senjata dengan Sultan Khalil; Sultan Khalil menyerbu Acre dan membantai para tawanan Kristen, mirip pembantaian yang pernah dilakukan oleh kaum Frank saat menyerbu Acre dan membantai penduduk muslim.

1292

Marcopolo, seorang musaifr Venesia mencatat pernah singgah di Sumatera, tepatnya di Perlak sebagai kota Islam sepulang dari China.

1294

Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Wijaya adalah seorang keturunan Ken Arok (Wijaya adalah anak Lembu Taltal, Taltal adalah anak Mahisa Champaka, dan Champaka adalah anak Ken Arok-Ken Dedes). Wijaya adalah menantu Kartenegara; Kartanegara adalah raja Singasari yang diserang Kediri-Sumenep pimpinan Adipati Wiraraja). Pada mulanya Wijaya setelah kalah dalam pertempuran melawan Kediri, ia pergi ke Madura untuk menemui pamannya, Wiraraja yang menyarankan sebaiknya Wijaya menghamba pada Kediri. Jayakatwang malah menghadiahi Wijaya tanah kekuasaan di Tarik yang kemudian menjadi Mahapahit.

 

ABAD 14

1300

Kemunduran Kekaisaran Byzantium di Konstantinopel dan tumbuhnya cikal bakal Kekhalifahan Ottoman (Utsmaniyah) di Istanbul, Turki

1301

Charles dari Anjou membasmi muslim di Lucera.

1310

Tanggal batu nisan di dekat Jolo di Kepulauan Sulu, Filipina Selatan.

1313

Bangsa Mongol yang menyerang Baghdad mulai beralih memeluk Islam, mendirikan dinasti baru hingga ke India, Pakistan, Afganistan, dan Bangladesh (masa sekarang)

1345

Ibnu Batutah, melewati Sumatera dalam perjalanannya ke dan dari China, yang mengatakan Islam di Nusantara menganut mazhab Syafii.

1348

Eropa dilanda wabah penyakit sampar, dan menyalahkan seumber malapetaka pada orang Yahudi, sehingga mereka dibantai. Di tahun-tahun berikutnya terus bermunculan sikap anti-semit di Eropa.

 

NOTE : Bersambung ke Bumi Bagian Dari Kampung Saya (IV)


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori