Oleh: Kyan | 12/01/2014

Bumi Bagian Dari Kampung Saya (IV)

Bumi Bagian Dari Kampung Saya (IV)

##

planet-bumiJejak kronologis Bagian IV, Peradaban Islam, sejak penaklukkan Konstantinopel oleh Turki Utsmani di bawah Sultan Muhammad Al-Fatih, sampai invasi Amerika dan sekutu menyerang Baghdad, tempat reruntuhan Peradaban Islam; Peradaban Barat, ketika Ratu Isabella menaklukkan Benteng Granada, yang oleh Barat sebagai titik peralihan simbolis atau awal mula zaman modern. Permulaan zaman modern dengan membakar buku-buku warisan Peradaban Islam, sampai tiba saatnya Amerika Serikat bersiap-siap menghadapi Perang Asia Pasifik, melawan kekuatan baru China, India, dan Korea.

Lalu Peradaban Nusantara, jejak kronologis sejak dari berdirinya kerajaan Islam pertama di Jawa, yaitu Kerajaan Demak oleh Raden Patah (anak raja Majapahit dari pernikahan dengan Puteri Tiongkok) sampai riak-riak melemahnya kekuatan ekstimis sekuler (RMS, OPM, GAM, Timor Timur) yang tergantikan oleh konsolidasi kekuatan ekstimis islamis, yang keduanya mencoba merongrong ketentraman masyarakat Nusantara-Indonesia.

 

ABAD 15

1413

Seorang muslim China, Ma Huan mengunjungi pesisir Jawa dan melaporkan bahwa ada tiga macam penduduk di Jawa: orang muslim dari Barat, orang Cina yang di antaranya beragama Islam, dan orang Jawa yang beragama animisme dan dinamisme.

1419

Tanggal batu nisan muslim di Gresik, bernama Maulana Malik Ibrahim seorang Walisanga.

1453

Kekhalifahan Ottoman mengambil alih Konstantinopel di bawah pimpinan Muhammad Al-Fatih, selanjutnya menjadi Istanbul; Haghia Sophia, Gereja Kristen Ortodoks terbesar pada masanya berubah menjadi Masjid.

1464

Pasukan Salib Kedelapan, dipimpin Paus Pius II untuk merebut kembali Acre dan terutama lagi Yerusalem, dengan kedatangan yang sia-sia.

1483

Ferdinand dan Isabella memproklamasikan Inkuisisi Nasional Spanyol untuk mengkristenkan Yahudi, dan Yahudi yang beralih menjadi Kristen disebut orang Marrano.

1487

Bartolomeu Dias berlayar mengitari Tanjung Harapan dan memasuki perairan Samudera Hindia.

1492

Benteng Granada jatuh, Ratu Isabella mengusir Islam dan Yahudi dari tanah Spanyol. Buku-buku pengetahuan, agama, dan warisan peradaban Islam Cordoba dibakar di lapangan Vivarrambla Granada; Kejatuhan Granada dianggap sebagai titik peralihan atau awal mula zaman modern; Columbus menyaksikan kejatuhan Granada dan berlayar menuju Amerika (Agustus) yang tadinya menuju India untuk penaklukan Yerusalem.

1498

Ekspedisi Vasco de Gama dari Portugis mendarat di India atas bantuan navigator Ahmad Ibn Majid

1499

Dewan Inkuisisi Nasional Spanyol melaksanakan inkuisisi pada bangsa Muslim Sarasin. Pemaksaan menjadi mualaf Kristen dari agama muslim dinamakan orang Morisco. Sejak itu muncul aturan tentang pembatasan atas kemurnian darah, atau ideologi rasis, atau rasa curiga pada yang liyan, tentang siapa yang benar-benar penganut Kristen tulus, dan siapa yang secara sembunyi-sembunyi masih melakukan ritual agama sebelumnya. Termasuk menjadi korban, St. Teresa dari Avila, seorang mistik dari Karmelit yang kesulitan karena dianggap Marrano.

 

ABAD 16

1503

Alfonso de Albuquerque menuju India dan tiga tahun kemudian berhasil menaklukkan Goa, India dan Portugis membangun pangkalan tetap di Goa.

1509

Raja Portugis mengutus Diogo Lopes de Sequeira untuk menemukan Malaka, dan disambut oleh Sultan Mahmud Syah; Setahun kemudian Alfonso Albuquerque berlayar dari Goa, India menuju Malaka (1510); Dan setahun kemudian lagi Malaka berhasil ditaklukkan (1511).

1512

Ekspedisi Portugis dipimpin Francisco Serrao berhasil mencapai Hitu, Maluku. Malaku adalah nama yang diberikan oleh pedagang Arab sebagai Jazirat al-Muluk (Negeri Para Raja).

1515

Belanda menjadi jajahan Spanyol; Kesultanan Aceh mulai berkembang di bawah pimpinan Sultan Ali Mughayat Syah (1514-1530)

1518

Berdirinya Kerajaan Demak-Bintara  oleh Raden Patah, Kerajaan Islam Pertama di Jawa. Raden Patah adalah anak raja Majapahit dengan Putri Tiongkok, yang diasuh Adityawarman (Bupati Palembang); Sultan Mahmud (Penguasa Malaka yang tersisih oleh Portugis) membangun kekuatan di Johor (Malaysia)

1520

Puncak kejayaan Kekhalifahan Ottoman Istanbul di bawah Sulayman The Magnificent; Mulai berdiri Dinasti Safawiyah di Persia.

1521

Ekspedisi Magellan (Spanyol) tiba Maluku dan bekerja sama dengan Sultan Tidore.

1522

Sultan Ternate, Abu Lais/Bayansirullah bekerja sama dengan Portugis untuk memerangi musuh politisnya, Kesultanan Tidore; Portugis melakukan Kristenisasi yang membuat hubungan Portugis-Ternate menjadi tegang.

1524

Martin Luther, Reformis Protestan menulis pamflet “On The Jews and Their” berisi tentang keharusan pemisahan kaum Yahudi dari kaum Kristen. Gerakan Protestan adalah faham puritan kristen yang ingin menghancurkan ritus dan hirarkis Gereja Anglikan dan kembadli pada sebuah agama yang sederhana yang berhubunganintim secara langsung dengan Tuhan; Sultan Ali Mugyahat Syah (Aceh) menguasai Deli, dan selanjutnya merebut Pedir dan Pasai dari Portugis.

1525

Solomon Ibn Verga, seorang buangan Yahudi dari Spanyol menulis sejarah Yahudi, Shevet Yehuda (Tongkat Yehuda) berisi menyerang mentalitas ghetto dari kaum Yahudi.

1526

Mulai berdiri Dinasti Mughal, India.

1529

Ekspedisi Sulayman ke Eropa tertahan di kota Wina, Austria

1535

Portugis di Maluku menjadi dalang kudeta terhadap Raja Tabariji, dan membuangnya ke Goa (India). Raja Tabarija menjadi Mualaf Kristen dengan nama baptis: Dom Manuel; Setahun kemudian Portugis menyerang Johor (Sultan Mahmud Malaka) dalam jumlah besar-besaran.

1545

Raja Tabarija/Dom Manuel mau dikembalikan menjadi raja, tapi dalam perjalanan ia wafat di Malaka. Tapi telah menyerahkan Pulau Ambon kepada ayah baptisnya, Jordao de Freitas.

1546

Di antara Portugis, ada seorang Spanyol bernama Santo Francis Xavier (1506-1552) bersama Santo Ignatius Loyola mendirikan Ordo Jesuit, untuk Kristenisasi di wilayah Ambon, Ternate, dan Morotai.

1560

Ordo Jesuti telah berhasil menjalankan program Kristenisasi sebanyak 10.000 orang menjadi umat Katolik di Ambon.

1537

Martin Luther mengusir kaum Yahudi dari kota-kota Lutheran dan Yahudi juga diusir dari kota-kota Calvinis.

1557

Portugis menguasai Makao (Jepang) dan Xavier (Ordo Jesuit) hendak pergi berlayar ke Makao.

1562

Pasukan Ordo Dominikan (Pendeta Kristenisasi) membangun benteng di Solor, dan diserang oleh penyerang beragama Islam dari Jawa.

1565

Pasukan Khalifah Turki Utsmani ke Indonesia, membantu Sultan Aceh melawan Portugis di Selat Malaka; Ekspedisi Belanda berhasil menguasai Filipina setelah berperang melawan Portugis dan Spanyol.

1568

Belanda mulai melakukan perlawanan kepada Spanyol. Provinsi Holland dan Zeeland berada di bawah tekanan, sehingga melebarkan sayapnya ke seberang lautan, yang selanjutnya sampailah mereka di Nusantara.

1570

Portugis membunuh Sultan Ternate Hairun (1535-1570) dan pengikutnya berpindah dan membangun benteng baru di Tidore.

1575

Sultan Ternate, Baabullah (1570-1583) gigih memperjuangkan Islam dan anti Portugis.

1582

Sutawijaya mengalahkan Demak. Sutawijaya adalah prajurit Ki Gede Pemanahan. Pemanahan adalah panglima perang Adiwijaya yang diberi tanah kekuasaan di Mataram. Pemanahan mendirikan Mataram Islam dari reruntuhan Mataram Hindu.

1584

Sultan Baabullah wafat, dan putranya, Sultan Said ad-Din Berkat Syah (1584-1606) naik tahta.

1587

Portugis berhasil menguasai ibukota Kesultanan Johor.

1595

Belanda melakukan ekspedisi ke Hindia Timur dipimpin Cornelis de Houtman. Mengetahui pelayaran ke Timur karena ada orang Belanda yang bekerja di Ekspedisi Portugis, bernama Jan Huygen van Lin-schoten.

1596

Ekspedisi Belanda pimpinan de Houtman tiba di Banten (Juni). Banten yang menjadi pelabuhan lada terbesar di Jawa Barat. Belanda terlibat konflik dengan Portugis dan Pribumi.

1597

Ekspedisi Belanda kembali ke Belanda dengan membawa banyak hasil rampasan berupa rempah-rempah.

1598

Ekpedisi baru perusahaan berbeda Belanda dipimpin Jacob van Neck, yang setahun berikutnya tiba di Maluku (Maret 1599)

 

ABAD 17

1600

Terjadi meletus Gunung Sinabung (Sumatera Utara).

1601

14 kapal ekspedisi dari perusahaan berbeda berangkat dari Belanda.

1602

Berdirinya VOC, kongsi dagang Belanda yang menyatukan beberapa perusahaan Belanda yang bersaing, sebagai awal baru kolonialisme Belanda di Indonesia. Setiap perusahaan yang tergabung dalam VOC diwakili sistem jaleis (kamer) yang berjumlah 17 yang disebut Heeren XVII (Tuan-tuan Tujuh Belas). VOC diberikan hak untuk melakukan peperangan, membangun benteng-benteng, dan perjanjian-perjanjian oleh Parlemen Belanda (Maret); Ratu Inggris, Elizabeth I memberi oktroi kepada Maskapai Hindia Timur untuk berlayar yang dipimpin Sir James Lancaster dan tiba di Aceh (Juni) dan menuju Banten.

1604

Ekpedisi Inggris dipimpin Sir Henry Middleton sampai di Ternate, Tidore, Ambon, dan Banda. Mendapatkan perlawanan dari Belanda, tapi akhirnya bekerjasama.

1605

VOC sudah menjadikan Banten sebagai pusat, tapi merasa tidak cocok dan selanjutnya berhasil menduduki Ambon, setelah memenangi pertempuran di Teluk Ambon, setelah bekerja sama dengan penduduk Hitu melawan Portugis. Portugis menerima bantuan ekspedisi dalam jumlah besar, tapi akhirnya Portugis benar-benar menyerah. Benteng Portugis berganti nama menjadi Victoria. Memaksa mengganti agama Katolik menjadi Calvinisme.

1606

Ekspedisi Spanyol menduduki Ternate dan Tidore. Sultan Said dan para pembesar dibuang ke Manila. Spanyol bertahan di Ambon sampai tahun 1660-an.

1607

Kesultanan Aceh berkembang dan terkuat dibawah Sultan Iskandar Muda (1607-1636)

1610

VOC berkantor pusat di Ambon dan setiap keputusan-keputusannya mulai ditentukan oleh seorang Gubernur Jenderal.

1611

VOC memiliki pos di Jayakerta, dan Jan Pieter Zoen Coen lebih menyukainya sebagai markas besarnya, yang telah dipuji oleh Tome Pires seabad sebelumnya sebagai pelabuhan terbaik. Jayakerta saat itu diperintah oleh pangeran muslim bernama Pangeran Wijayakrama.

1613

Sultan Iskandar Muda (Kesultanan Aceh) berhasil menguasai Aru yang menjadi medan perang antara Aceh dan Johor, dan membawa Sultan Alaudin Rihayat Syah II (Sultan Johor) dan pejabat VOC di Johor ke Aceh.

1614

Sultan Agung, sultan Kerajaan Mataram Islam naik tahta.

1618

Kesultanan Benten bekerjasama dengan Inggris menyerang ke Pelabuhan Jayakerta yang dikuasai VOC. Coen adalah Gubernur Jenderal VOC yang tidak segan menggunakan cara kekerasan untuk memonopoli perdagangan.

1619

VOC tersudutkan dan kembali ke Maluku (Januari); Kembali Coen membawa armada lebih besar dan berhasil menduduki Banten dan Jayakerta, dan Jayakerta dibuah namanya menjadi Batavia, yang mengambil nama suku Jerman kuno (12 Maret); Coen meratakan tanah Batavia untuk dibangun pusat militer dan administrasi dari puing-puing Jayakerta (30 Mei).

1620

Sekelompok Puritan Protestan meninggalkan Inggris dengan kapal Mayflower menuju Amerika membentuk koloni Plymouth, yang setiap tahun dirayakan sebagai Thanks-giving. Amerika adalah sebuah negeri yang lahir dari penderitaan di Eropa akibat Perang Salib.

1622

Robert Cushman, menulis tentang masalah orang Indian dan menerapkan perang suci melawan kaum Indian Pequot selama dekade 1640-an.

1628

Pengakuan Juan Escobar de Caro, tentang masih bertahannya sikap curiga pada orang Marrano dan Morisco setelah dua abad kejatuhan Granada.

1632

Taj Mahal didirikan oleh Shah Jehan, dari Dinasti Mughal di India

1637

Duta VOC, Rijklof van Goens menceritakan bahwa Amangkurat I mengumpulkan ulama di halaman istana yang jumlahnya kurang lebih 6.000 orang yang terdiri atas pria, wanita, dan anak-anak semuanya dibantai.

1641

Malaka jatuh ke tangan VOC, setelah VOC bekerja sama dengan Johor untuk melawan Portugis yang berbasis di Malaka.

1643

Makasar jatuh ke tangan VOC

1648

Tahun kemerdekaan Negeri Belanda dari jajahan Spanyol yang meliputi Belanda dan Belgia; terjadi pembantaian Yahudi Ukraina

1649

Cromwell memanggal kepala Raja Charles I dan membangun sebuah Republik Puritan di Inggris.

1654

Pemukim pertama Yahudi tiba di Amerika menggunakan kapal Prancis, St. Catherine, dan diberi status kewarganegaraan penuh sebagaimana di Puritan Inggris.

1656

Baruch Spinoza, seorang filsuf dari sinagog Amsterdam dikucilkan karena mengutuk sikap ghetto Yahudi, ia hidup di antara kaum goyim (non-Yahudi) tapi tak pernah menjadi seorang Kristen, yang telah menginspirasi Voltaire, lalu membawa Reformasi Hasidisme.

1659

Pedagang Belanda (Kristen Protestan) datang pertama kali ke Nusantara.

1666

Shabbtai Zvi, seorang lelaki muda Yahudi mengaku sebagai Mesiah dan ingin mengubah agama Sultan Turki. Ia dibawa ke hadapan Sultan, dan beralih menjadi Islam. Kisah yang menohon bagi Yahudi.

1683

Eskpedisi kedua Sultan Ottoman ke Wina di bawah pimpinan Kara Mustafa Pasha, dipukul mundur di Bukit Kahlenberg Wina, Austria

1688

Beograd dikuasai Kekhalifahan Ottoman. Islam menyebar cepat di Semenanjung Balkan yang kemudian menjadi Yugoslavia dan Bosnia Herzegovina

1690

Terjadi meletus pertama kali dicatat Gunung Guntur

 

ABAD 18

1704

VOC mengakui Puger sebagai raja baru Mataram dengan gelar Susuhunan Pakubuwono I. Puger menjadi boneka VOC setelah mengalahkan Amangkurat III. Amangkurat III bergabung dengan Surapati, yang tetap diserang VOC dan melarikan diri ke Malang dan dibuang ke Srilangka.

1707

Kemunduran Dinasti Mughal di India, serangan dari Bangsa Persia

1719

Pakubuwono I mangkat, digantikan oleh putranya bergelar Amangkurat IV, yang selanjutnya digantikan oleh anaknya lagi, Pakubuwono II yang pada masa itu mampu membayar hutang kepada VOC.

1726

Ibrahim Muteferrika selama sepuluh tahun berusaha meyakinkan Kesultanan Turki Utmani dan Syekhnya agar tak menolak kehadiran percetakan Islam.

1734

George Sale menerbitkan karya terjemahan Alquran untuk pertama kalinya ke bahasa Inggris.

1736

Masa akhir Dinasti Safawiyah; Nadir Syah, Raja Persia menguasai Kota Delhi, India.

1742

Terjadi pemberontakan dan mengangkat cucu Amangkurat III (yang dibuang ke Srilangka) sebagai raja. Kekuatan ini menentang VOC dan Pakubuwono II yang dikelilingi orang-orang Tiongkok. Atas bantuan VOC, Pakubuwono II kembali naik tahta. Pemberontakan selanjutnya adalah Pengeran Mangkubumi dan Mas Said. Mangkubumi menobatkan diri menjadi raja baru bergelar Hamengkubuwono I dan Mas Said sebagai patihnya; Voltaire menulis Fanaticism, tentang kisah sedih hidup Muhammad.

1744

Pengikut Ibn Abd Wahhab melakukan aksi penyerangan pada masjid-masjid lokal, yang membuat marah kaum muslim mapan, dan diberi perlindungan oleh Ibn Saud, penguasa kecil Diriya (Arab Tengah), lalu mereka berkoalisi dengan sikap bahwa orang Arablah, bukan orang Turki yang harus mengendalikan Ummah.

1757

Awal era kolonialisme Inggris di India

1789

Terjadinya Revolusi Prancis dan ekspedisi Napoleon Bonaparte ke Mesir dan Afrika Utara.

1792

Wafatnya Muhammad Ibn Abdul Wahab, seorang Kadi dari Najd yang menyerukan kembali kepada semangat sejati Nabi Muhammad.

1799

Jenderal Perang kepercayaan Napoleon, Jacques-Francois Menou, menemukan Batu Rosetta

                                               

ABAD 19

1800

VOC dinyatakan bangkrut; Abad ke-19 Zaman Kebangkitan Kembali Fundamentalis Kristen

1801

Napoleon kembali ke Paris, Jenderal Jacques-Francois Menou beralih memeluk Islam

1803

Napoleon memerintahkan membangun Arc du Triomphe du Carrousel dan Arc du Triomphe de l’Etoile dalam garis Axe Historque di kota Paris

1805

Kolonialisasi negara-negara muslim oleh negara-negara Eropa semakin gencar

1811

Hindia Belanda-Nusantara jatuh ke tangah Inggris. Istana Yogyakarta berhasil diduduki prajurit Eropa dan India yang didukung prajurit Mangkunegaran. Natakusuma, bangsawan Yogyakarta yang mendukung Inggris beroleh tanah Pakualam (wilayah kekuasaan di luar Hamengkubuwono). Kerajaan Jawa terbagi empat: Pakubuwono dan Mangkunegaran (Surakarta), Hamengkubuwono dan Pakualaman di Yogyakarta.

1815

Terjadi letusan Gunung Tambora (Nusa Tenggara Barat), yang menghasilkan letusan setinggi 160 kilometer kubik (April) yang menyebabkan tahun tanpa musim panas di Eropa.

1816

Inggris mengambalikan Hindia Belanda menjadi kolonialisasi kembali Belanda. Rafless mendirikan Singapura

1817

Pergolakan Saparua Sulawesi dibawah pimpinan Thomas Matulessi

1819

Imam Bonjol (1819-1832) di Sumatera Barat melakukan perlawanan kepada Belanda

1822

Muh Ali Pasha mendirikan percetakan Bulaq, untuk mencetak buku-buku yang berorientasi praktis.

1825

Pangeran Dipenogoro melakukan perlawanan (1825-1830); Terjadi kembali meletus Gunung Guntur (Garut)

1827

Masa kemunduran Kesultanan Ottoman (Turki Utsmaniyah)

1850

Masa Dunia Islam mengenal mesin cetak litografis, sehingga percetakan dan penerbitan buku menjadi lebih murah.

1851

Di Iran berdiri sekolah pertama yang memakai kurikulum Eropa.

1857

Masa keruntuhan Dinasti Mughal, India; Turki Utsmani mengumumkan bahwa kaum Yahudi dan Kristen adalah setara dalam imperium Islam.

1858

Perang Banjarmasin dipimpin Prabu Anom dan Pangeran Hidayat (1858-1862) melawan kompeni Belanda.

1860

Pembangunan Terusan Suez, dengan hanya 7 persen kepemilikan saham Mesir. Terusan Suez adalah simbol klasik eksploitasi Barat atas Timur Tengah.

1873

Perang Aceh dipimpin Teuku Umar, Cut Nyak Dien, dan Teuku Cik Di Tiro (1873-1912) kompeni Belanda.

1877

Perang Rusia-Turki di Semenanjung Balkan. Awal jatuhnya Yugoslavia menjadi negara komunis.

1882

Gelombang Aliyah pertama pemukim Yahudi di Palestina, setahun setelah Tsar Alexander III mendorong dilakukannya pemusnahan baru (Pogrom) Yahudi di Eropa.

1883

Meletusnya kembali Gunung Krakatau di Selat Sunda, dimana letusan awannya setinggi 18 kilometer kubik.

1895

Alfred Dreyfus, seorang perwira Yahudi di Prancis divonis bersalah telah berkhianat pada negara, telah memancing sikap anti-Semit; Karl Lueger, seorang anti-Semit terpilih sebagai walikota Wina.

1896

Theodor Herzl, seorang Yahudi di Wina menerbitkan Der Judenstaat (Negara Yahudi), yang memberikan argumen bahwa kaum Yahudi harus memiliki tanah air sendiri, tapi tidak meyakini harus di Palestina, tapi boleh saja di Uganda.

1897

Jamaludin al-Afghani, sang Reformis Islam wafat yang telah menawarkan Pan-Islam terhadap pendudukan kolonial di wilayah muslim dengan menggiring pemberontakkan massa (aksi massa), tapi kemudian gerakan kemerdekaan banyak memilih cita-cita Barat mendirikan negara-bangsa yang sekuler.

 

ABAD 20

1902

Gelombang Aliyah kedua, Yahudi dari penjuru Rusia dan Ukraina menuju Palestina, dalam rangka mewujudkan gagasan ideal dalam Kibbutzim, yaitu menerapkan “kemiskinan” sukarela (tirakat) untuk impian Israel baru.

1903

Insiden anti-Semit, pemusnahan brutal ras Yahudi di Kishinev, Bessarabia; Setahun kemudian Theodor Herzl meninggal dengan terpaksa menerima suara mayoritas bahwa Palestina sebagai satu-satunya tempat bagi negara Yahudi; Ben Gurion menulis bahwa di Palestina kaum Yahudi akan menciptakan “masyarakat teladan” bagi dunia.

1905

Wafatnya pembaharu muslim, Muhammad Abduh, seorang yang bersimpati pada gagasan Al-Afghani, pengagum Barat yang banyak terpengaruh Tolstoy dan Spencer, menyerukan penalaran independen (ijtihad).

1912

Berdirinya organisasi Muhammadiyyah oleh KH Ahmad Dahlan

1913

Berdirinya organisasi Al-Irsyad

1914

Pembunuhan Franz Ferdinand dari Austria yang memicu Perang Dunia I

1916

Kongres Ketiga SI di Bandung, dimana hadir HOS Cokroaminoto

1917

SI oleh HOS Cokroaminoto menjadi partai dengan anggota mencapai 800.000 dan tersebar lebih dari 80 cabang; Pelanjut gagasan Herzl, Chaim Wizmann (Zionis Rusia) memastikan dukungan penuh pada Arthur Balfour, Sekretaris Luar Negeri Inggris dalam perang melawan Jerman, yang membuahkan Deklarasi Balfour (2 November) dimana Inggris secara resmi mendukung rumah nasional Yahudi di Palestina, tapi “tidak” mendukung negara Yahudi; Revolusi Marxis di Uni Sovyet.

1919

Berdirinya Nasyiatul Aisyiyah, organisasi perempuan Muhammadiyyah.

1920

Inggris dan Prancis membangun kolonisasi di Timur Tengah, Inggris mengambil tanah jajahan Palestina; Mulai gelombang nasionalisme di negara-negara moyoritas penduduk muslim

1923

Berdirinya organisasi Persatuan Islam oleh Haji Zamzam, tapi tokoh terkenalnya A. Hasan.

1924

Runtuhnya Kekhalifahan Turki Utsmaniyah (Ottoman); Berdirinya organisasi pelajar Islam, Jong Islamiten Bond; Nasyiatul Aisyiyah Muhammadiyyah mendirikan Bustanul Athfal, gerakan untuk membina anak-anak berumur 4-5 tahun; Amerika Serikat menutup pintu bagi para Imigran yahudi, untuk menghindari Halacoust Nazi Jerman, mereka lebih banyak lagi yang ke Palestina sehingga membuat Tel Aviv pada penduduknya.

1925

Tan Malaka Menulis buku Naar de Republiek Indonesia (Menuju Republik Indonesia); Munculnya organisasi Ahmadiyah di Indonesia; Berdirinya Republik Turki

1926

Berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama (NU) oleh KH Hasyim Asyari.

1928

Kongres Sumpah Pemuda Indonesia; Gerakan Sekulerisasi Mustafa Kemal Ataturk. Islam tidak lagi menjadi agama resmi di Turki.

1929

Terjadi perubahan baru reaksi bangsa Arab terhadap imigran Yahudi, pertama terjadi pemusnahan orang Yahudi yang diatur oleh Haji Amin.

1932

Mulai berdiri berbagai kelompok untuk membela tanah air Palestina, seperti Partai Istiqlal (Partai Kemerdekaan) oleh Awni Abd al-Hadi; Setahun kemudian Partai Ishlah (Partai Reformasi) oleh Hassayn Fakhri al-Khalidi; Dua tahun berikutnya Partai Pertahanan Nasional oleh Raghib al-Nashashibi; Berdiri kerajaan Arab Saudi.

1935

Ataturk mengubah Haghia Sophia menjadi museum, melarang perempuan muslim memakai jilbab di tempat-tempat umum; Wafatnya jurnalis Suriah, Rasyid Ridha, murid Muhammad Abduh yang mengatakan bahwa penerimaan bangsa Turki sebagai pemimpin dunia Islam adalah bencana. Tapi ia lebih memperhatikan kebangkitan kembali Islam, bukan kemunculan kebangsaan Arab.

1939

Awal Perang Dunia II. Invasi Nazi Jerman di Eropa

1940

Mulai Perjuangan merebut kemerdekaan di negara mayoritas muslim

1941

Jepang membom Pearl Harbour, Hawai Amerika (8 Desember)

1942

Jepang mendarat di Tarakan, Kalimantan Timur (11 Januari); Belanda di Hindia Belanda pimpinan Gubernur Jendral Ter Poorten menyerah tanpa syarat kepada Jepang pimpinan Letnan Jenderal Hitoshi Imamura (8 Maret).

1945

Pidato Pancasila Bung Karno (1 Juni) Jepang menyerah kepada Sekutu (14 Agustus) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus)

1946

Perundingan Linggarjati (15 November) antara Indonesia dan Belanda. Indonesia hanya meliputi Jawa, Sumatera, dan Madura.

1948

Dengan dukungan PBB dilaksanakan upacara proklamasi Negara Israel oleh David Ben Gurion di Museum Tel Aviv (14 Mei); Menachem Begin mendirikan partai Herut yang kemudian menjadi Partai Likud, sebagai partai utama sayap kanan Israel. Partai ini untuk mewujudkan cita-cita Vladimir Jabotinsky dan Zionis Revisionis

1947

Proklamasi Kemerdekaan Pakistan; Perundingan Renville, kapal Amerika (8 Desember) antara Indonesia-Belanda yang menghasilkan garis Van Mook.

1948

Pemberontakan PKI Madiun dipimpin Muso (18 September) Belanda menyerbu Yogyakarta (19 Desember)

1949

Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada Konferensi Meja Bundar (14 Desember) dan pemerintah Belanda mengakuinya 27 Desember 1949; Terjadi Revolusi China

1950

Rakyat Indonesia memutuskan kembali pada bentuk NKRI.

1951

Raja Abdullah dari Yordania dibunuh di tangga Masjid Al-Aqsha oleh seorang Palestina pendukung Haji Amin.

1953

Mohammad Mossadeq, mencoba menasionalisasi minyak iran dan melakukan percobaan kudeta Dinasti Syah Reza Pahlevi di Iran.

1954

Presiden Nasser, seorang yang tak hendak mendirikan republik Islam tapi dikatakan seorang yang tulus dalam melaksanakan ajaran ibadah Islam mencoba menekan gerakan Ikhwanul Muslimin, setelah adanya percobaan pembunuhan atas dirinya.

1955

Konferensi Asia-Afrika di Bandung (18 April); Pemilu pertama Indonesia (29 September); Deklarasi Pakta Baghdad, yaitu Inggris dan Amerika melakukan aliansi anti-Soviet dengan Turki, Irak, dan Iran.

1956

Presiden Gamal Abdul Nasser (Mesir) berpidato untuk menentang imperialisme Barat, menolak Pakta Baghdad. Mesir keluar sebagai pemenang perang atas Israel dan sekutu (Oktober).

1959

Keluar Dekrit Presiden kembali pada UUD 1945, akibat Sidang Konstituante tidak menemukan titik temu di antara berbagai pendapat anggotanya; masa awal Demokrasi Terpimpin di Indonesia.

1963

AB Yehoshua, novelis Israel menerbitkan novel pertama, Facing The Forest. Ia membawa gagasan yang terus menerus menunjukkan keraguannya mengenai salah benarnya Zionisme.

1965

Indonesia mengalami peristiwa hitam September (Gerakan 30 September); Kudeta di Indonesia dan peralihan dari Demokrasi Terpimpin Orde Lama menuju Orde Baru

1966

Terjadi kup sayap kiri di Suriah, yang membuat Suriah menjadi sekutu Uni Soviet, dan bersimpati terhadap gerakan fedayeen Palestina.

1967

Terjadi Perang Enam Hari antara Israel yang dibantu Amerika dan berafiliasi dengan Iran melawan pasukan Arab khusunya Mesir yang sudah diisolasi oleh Dunia Arab; Israel menjadi pemenang dan berhasil merebut Yerusalem (7 Juni), menguasai Tepi Barat (wilayah Yordania), Dataran Tinggi Golan (wilayah Suriah), dan Sinai dan Gaza (wilayah Mesir); Yaser Arafat, seorang dari organisasi Al-Fatah, memimpin organisasi PLO (Palestine Liberation Organization) yang dalam anggaran dasarnya mengakui adanya negara Israel.

1969

Terpecahnya Jamaah al-Uzlah al-Syuuriyyah (Kelompok Pengasingan Spiritual) antara Syekh Ali Abduh Ismail dan Syukri Mustafa yang dipenjara Nasser tahun 1965, tapi dibeaskan tahun 1971.

1970

Anwar Sadat sudah menjadi Wakil Presiden Nasser; Terjadi peristiwa September Hitam 1970, penyerangan Israel ke Yordania, tempat basis kedaulatan PLO. Lalu PLO berpindah ke Lebanon; Di Mesir Anwar Sadat menjadi Presiden Mesir

1971

Peristiwa berdarah September Hitam (Black September), yaitu Islam membantai penduduk Palestina yang mengungsi ke Yordania, sehingga Raja Hussein mengusir mereka dari Yordania; Presiden Nasser wafat, dan penerusnya Anwar Sadat membebaskan para tahanan Ikhwanul Muslimin, dan memberi tawaran kepada Israel: Kalau Israel menarik mundur dari semananjung Sinai, maka ia akan membuka Terusan Suez bagi Israel.

1972

Pembunuhan sebelas atlet Israel di perhelatan Olimpiade. “September Hitam” adalah pihak yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut; Mossad (Intelejen Israel) membunuh Ghassan Kanafami (anggota PFLP) dalam bom mobil, beserta tewas keponakannya yang masih kecil. PFLP adalah organisasi pembebasan Palestina yang berargumen bahwa pembebasan Palestina harus menjadi bagian dari revolusi di seluruh Dunia Arab, sehingga harus memerangi rezim-rezim Arab yang tak mendukung gerakannya; Syukri Mustafa membentuk organisasi Takfir wa al-Hijrah (Pengucilan dan Hijrah) yang mengutuk pendidikan sebagai sesuatu yang tidak berharga.

1973

PM Israel, Moshe Dayan berpidato provokatif bahwa wilayahnya dari Yordania hingga Terusan Suez (April); Pasukan Mesir dan Suriah menyerang balik Israel, dan membebaskan Sinai (Perang Oktober)

1974

Terbentuknya Gush Emunim (Komunitas Kaum Beriman) di Israel yang mengkampanyekan supaya Yahudi diaspora datang ke Israel untuk menduduki tanah jajahan di Gaza atau di Tepi Barat; Yaser Arafat berpidato di gedung Dewan Umum PBB membawa sepucuk ranting zaitun dan sepucuk pistol (13 November); Yitzhak Rabin dari kelompok buruh menjadi PM Israel; Saleh Sarieh, seorang mahasiswa doktoral yang menjadi anggota Partai Pembebasan Islam mencoba melakukan kup pada pemerintahan Sadat.

1975

Anwar Sadat mengeluarkan peraturan baru yang memungkinkan asosiasi mahasiswa Islam, yang selanjutnya menjadi Jamaah Islamiyyah mulai mengendalikan kampus.

1976

Terjadi kemelut internal organisasi Syukri Mustafa, karena masuknya jebolan kelompok Saleh Sarieh, sampai Syukri ditangkap pemerintah Sadat;

1977

Pemilu Israel yang dimenangkan oleh Menachen Begin, seorang ekstimis lama Irgun/Partai Likud. Ia berada di pengasingan sejak tahun 1948 menjadi PM Israel baru; Syukri Mustafa menerbitkan buku berjudul The Caliphate untuk menciptakan citra positif kembali tentang organisasinya dan menculik Syekh Muh El-Dzahabi, mantan menteri agama dan membunuhnya (7 Juli); Syukri Mustafa dihukum gantung bersama empat rekannya (November); Perjalanan Anwar Sadat ke Yerusalem dan bernegosiasi dengan Begin (8 November)

1978

Revolusi Islam Iran.

1979

Berdirinya ISPNG, sebuah komunitas Islam di Papua Nugini; Terjadi letusan gunung Vesuvius (Italia) dimana tinggi letusan tiga kilometer kubik; Perjanjian Camp David antara Menachem Begin (Perdana Menteri Israel) dengan Anwar Sadat (Presiden Mesir) dengan saksi Jimmy Carter (Presiden Amerika);

1974

Pemerintah Indonesia mencanangkan Trilogi Pembangunan (Stabilisasi, Pemerataan, dan Pertumbuhan).

1981

Anwar Sadat ditembak mati oleh Islambouli saat mau berpidato dalam perayaan kemenangan Perang Oktober. Anwar Sadat dianggap sebagai pemimpin Munafiq atau kafir (6 Oktober)

1982

Meletusnya Gunung Galunggung (Tasikmalaya) yang menyebabkan Bandung pada siang seperti malam; Invasi Israel ke Lebanon, menyerang basis PLO dan rakyat Palestina yang terkenal dengan Tragedi Sabra dan Shatilla (September Hitam 1982) yang mengejutkan dunia..

1983

Indonesia dibawah pimpian Soeharto mulai melakukan Reformasi Ekonomi.

1984

Para anggota gerakan bawah tanah Yahudi merencanakan akan meledakkan Kubah Batu dan Al-Aqsha, tindakan yang mirip dengan Raynauld dari Chatillon yang hendak menyerang Madinah; di Pemilu Israel, Partai PLP, partai yang beranggotakan bangsa Arab mendapatkan dua kursi di Knesset (parlemen Israel).

1986

Amerika mengebom Libya atas nama memerangi terorisme internasional (April)

1987

Tentara Amal Shi’ah di Lebanon mengusir Fedayeen dengan mengepung kamp-kamp Palestina, sehingga mereka kelaparan; di Eropa terjadi perayaan delapan abad Pertempuran Hittin, dimana Kristen kalah oleh Saladin.

1988

Ayatullah Khomeini mengeluarkan fatwa yang mengejutkan bagi para mullah di Qum yang kata Karen Armstrong, bahwa rezimnya memiliki otoritas yang sama dengan Nabi Muhammad dan memiliki kekuasaan untuk menghentikan setiap hukum agama yang tidak benar; Pertemuan Dewan Nasional Palestina, PLO menerima keberadaan negara Israel.

1989

Amnesti Internasional mengeluarkan laporan bahwa Israel telah melanggar HAM.

1991

Meletusnya gungung Pinatubo (Filipina) dimana awannya setinggi lima kilometer kubik.

1998

Uji coba nuklir Pakistan; Reformasi Indonesia

1999

Refendum Timor Timur, yang membawa pada kemerdekaan Timor Leste. Indonesia dalam pusaran berbagai kepentingan Barat.

 

ABAD 21

2001

Serangan teroris terhadap WTC di New York, memicu ketegangan baru Islam dan Barat.

2002

Tragedi Bom Bali I yang membunuh kurang lebih 200 orang (12 Oktober); Tragedi Bom Bali II; Tragedi Bom Mariot I; Tragedi Bom Mariot II.

2003

Invasi tentara sekutu ke Baghdad, total memporakporandakan pusat peradaban Islam masa lalu

2004

Bencana Tsunami Aceh (Desember) yang memporak-porandakan ujung Sumatera, sampai menggenangi halaman Masjid Baiturrahman, yang membawa cikal bakal rekonsiliasi Finlandia antara GAM dengan pemerintah Indonesia.

2010

Meletus kembali Gunung Sinabung, yang letaknya 33 km dari tepi terdekat Kaldera Toba (29 Agustus)

2012

Muncul fenomena apokaliptik wajah baru, misalnya dengan pengemasan menarik lewat film “2012” dan buku-buku wacana apokaliptik seperti “Imam Mahdi Muncul April 2014” dan lain-lain.

2013

Amerika mengerahkan tentaranya di Australia, waspada dalam perang Asia Pasifik antara berbagai kekuatan lama (Amerika, Eropa) dengan kekuatan baru (China, India, Korea), dan Indonesia hendak kemana?

 

  1. Bencana Alam/Peristiwa Lingkungan Bumi: Nusantara termasuk di wilayah lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia, maka kemungkinan ke depan, sekitar 200 ribu tahun ke depan Gunung Toba berpotensi meletus kembali terjadi.
  2. Tragedi Manusia/Peristiwa Penghuni Bumi: Penyergapan teroris (riak-riak terorisme internasional) yang mengambil dogma Islam oleh Polisi (lambang sekuler/negara bangsa). Dalam perjalanan masa selalu terjadi perselisihan antar sesama saudara sendiri, mulai dari sekedar retorika dan aksi massa sampai penghapusan nyawa, atau sebaliknya dalam setiap perjalanan berikutnya.
  3. Setiap periode selalu muncul ancaman bencana gunung meletus sejak masa Atlantis sampai baju baru kebangsaan kita: NKRI, semestinya menyadarkan masyarakat Indonesia, dengan BNPB semakin mengukuhkan perannya dalam mengantisipasi setiap bencana (Solusi atas peristiwa alam).
  4. Bahaya yang mengancam adalah para pemimpin sekuler sekarang dapat saja tergantikan oleh para pemimpin ekstrim agama manapun, baik dari eksrimis Islam, Yahudi, dan Kristen yang menolak segala kompromi atas nama Tuhan. (Solusi atas peristiwa manusia kita mesti menimbang hasil analisis Tariq Ali: Benturan Antar Fundamentalisme).

 

Penyusunan jejak kronologis peristiwa alam dan manusia ini berdasarkan referensi, di antaranya adalah:

  1. 99 Cahaya di Langit Eropa (Hanum Salsabiela Rais)
  2. Bangkit dan Runtuhnya Andalusia (Raghib Sirjani)
  3. Atlantis (Arysio Santos)
  4. Ekspedisi Cincin Api (Suplemen Koran Kompas, Minggu)
  5. Islam Digest (Suplemen Koran Republika, Ahad)
  6. Membangun Indonesia Emas (Gunawan Sumodiningrat & Riant Nugroho)
  7. Perang Suci (Karen Armstrong)
  8. Sejarah Indonesia Modern 1200-2008 (MC Ricklefs)
  9. Sejarah Tuhan (Karen Armstrong)
  10. The Great of Andalus (David Levering Lewis)

NOTE : Sampailah kita hidup hari ini. Alhamdulillah dan Wallahua’lam…


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori