Oleh: Kyan | 08/03/2014

Hasil Tes STIFIn Vyan Sovyan Saladin

Hasil Tes STIFIn (Tes Mesin Kecerdasan Sidik Jari)

**

“Barang siapa mengenal dirinya, akan mengenal Tuhan-nya” Cukuplah itu sebagai Dustur Rasul kenapa saya mengikuti tes STIFIn, yang dengan itu saya bisa merubah segera haluan hidup yang sampai hari ini selalu saja gelisah apakah “passion” saya sebenarnya, dan “jodoh” saya sebaiknya yang bagaimana sih, yang benar-benar sesuai kodrat dan iradat-Nya bahwa saya manusia yang diciptakan Tuhan dengan sebaik-baiknya.

Sensing Introvert Sofyan Solehudin (Depan)

Sensing Introvert Sofyan Solehudin (Depan)

Hasil tes STIFIn bahwa saya seorang Si (Sensing Introvert). Kecerdasan saya 100% MQ (Memory Quotient) yang unggul dalam memori dan fisik. Tapi dengan golongan darah yang O, saya seorang 40% Thinking (analitis/pandai), 40% Feeling (emosi/hubungan), dan 20% Intuiting (Kreatifitas, Imajinasi).

Dengan demikian, saya berarti suka merujuk pada panca indra, yang membuat saya ingin selalu konkrit dan praktis. Kecerdasan saya dikemudikan dari dalam ke luar (Introvert), punya pendirian sendiri, sehingga saya lebih suka berkelana, pandai meniru, dan hebat dalam berakting.

Empat kata kunci saya: Mengingat, Otot, Rajin, dan Tergerak. Maka cara belajar saya: mengulang sambil menulis (gerakan), seperti ingin belajar menulis cerpen dan puisi bagus, mungkin harus terus menulis ulang dari karya-karya masterpiece. Karena saya memang peniru ulung. Tapi dalam soal imajinasi memang hanya 20 persen. Pantaslah saya cukup merasa sulit untuk bisa menulis. Maka harus dipertimbangkan ulang kalau ingin menjadi penulis. Meski memang bisa saja yang 20 persen ini dioptimalkan tapi dengan meningkatkan frekuensi.

Tapi kemistri saya yang ngeklik secara alami adalah pada (mengejar) harta. Maka profesi utama saya yang cocok, pilihannya dalam industri keuangan, bahasa, transportasi, perdagangan, dan hiburan. Dan karena saya tipe MQ (kuat dalam memori) boleh juga cocok menjadi seorang ekonomi, sejarawan, bankir, dan bidang lain yang melibatkan unsur: Rajin, Bergerak, Mengingat, dan Otot.

Namun yang perlu diwaspadai saya memang penuh ambisi, tapi mudah patah; penurut namun suka muncul rasa persaingan; berjiwa pesiar namun ingin selalu didampingi sparringnya; menjadi kamus atas segala problematika namun kadang blank; cenderung kronologis dan fakta empiris, tapi kadang seperti bola liar dan tiba-tiba meyakini telepati; pelakon yang percaya diri tapi terkadang menjadi pencemas; seorang ulet dan tersusun tapi sering bawel.

Sensing Introvert Sofyan Solehudin (Belakang)

Sensing Introvert Sofyan Solehudin (Belakang)

Personality saya yang persistent (gigih), detailed (ingin terperinci), recorder (perekam yang baik), dicipline (disiplin), careful (hati-hati), spirited (semangat tinggi), encyclopedic (kamus berjalan), workaholic (penggila kerja), timeful (perhitungan), indiferent (acuh tak acuh), dan peranan saya lebih menjadi pemain, bertarget membina hubungan, sehingga membuat saya tidak bisa terus diam saja, tapi ingin selalu bergerak.

Dengan ciri khas otot yang merah kasar, bentuk jasmani saya bisa jadi atletis, saya bisa memiliki otot yang kuat dan tenaga yang kuat serta memiliki sebuah kemahiran fisik. Makanya kalau mau berjalan (hiking) terus-terusan berapapun jauhnya siap saya ladeni dan memang saya sukanya jalan-jalan sepanjang trotoar setiap singgah di sudut kota. Kalau olahraga renang terus dioptimalkan, mungkin saya bisa menjadi atlit renang.

Karena saya punya stamina yang lebih hebat, dengan kecerdasan berbasis panca indra, saya akan lebih menyukai pekerjaan yang berkeringat. Saya lebih cocok sebagai seorang pemain yang berada di lapangan atau panggung. Bukan menjadi orang yang di belakang layar.

Dan kemistri saya pada uang, tabiat pada uang selalu hemat, cara belajar saya dengan menghafal, kebiasaan saya suka main, kehebatan saya pada otot, fokus saya pada penampakan, dan kunci sukses saya dengan meningkatkan frekuensi, maka pilihan lingkungan sekolah dan profesi saya bisa hebat dalam bidang: kedokteran, keuangan, perbankan, jasa, bahasa, komputer, kemiliteran, jurnalistik, ketatausahaan, perhotelan, perdagangan, kehutanan, biologi, olahragawan, keartisan, manufacturing, pilot, fotografi, performance, pelayaran, dan salesmanship. Tapi lebih utama hanya empat bidang: Keuangan, Transportasi, Perdagangan, dan Hiburan.

Kepribadian saya yang penuh ambisi, saya sukar ditaklukan dan selalu ingin bersaing, namaun pada saat yang sama bisa menjadi pribadi yang penurut. Orangnya suka jalan-jalan, sangat berbakat menjadi aktor, uletnya bukan main, tapi bawelnya minta ampun.

Sikap positif saya: melakukan sesuatu sampai dengan selesai sebelum memulai yang lain, pendiam dan tidak mudah terseret dalam pembicaraan, melakukan sesuatu suka berurutan dengan ingatan yang jelas tentang segala hal, kalau mengajarkan sesuatu suka berdasarkan aturan, dan sangat mendukung ketepatan dan akurasi dalam bekerja yang terutama menyangkut ide.

Kekuatan utama saya bisa: menjalankan, mengurut, meniru, merinci, merekam, menjabarkan, mengadministrasi, mempersepsi, meregulasi, dan merujuk. Karakter terbaik saya: stamina kuat, keuangan terhemat, pekerja superteliti, penangan tercepat, terampil paling rajin, perangkum termahir, pelaksana terulet, penampil terhebat, eksekutor terpatuh, dan komitmen terbaik.

Modal utama saya melihat momentum, hati-hati dengan penyakit diabetes melitus, profesi pilihan menjadi ahli genetika, psikologi populer, humas, dan jurnalis. Untuk bisa menjadi ekspert carilah coach (guru) pemimbing utama seorang Feeling Extrovert (Fe) dan guru yang disegani seorang Intuiting Extrovert (Ie). Carilah habitat alam (kawasan datar tumbuhan penuh warna), habitat sosial (masyarakat transaksional), dan habitat industri (industri keuangan). Penyakit pembelajaran ingin ada kompensasi dan kalibrasi pembelajaran dengan setelah berkeringat pikiran menjadi fresh.

Cetak biru kepemimpinan: gaya kepemimpinan seorang transaksional, kekuatan handal dan oreientasi realistik pragmatis, gaya bisnis oportunistik, jaminan merek hanya dirinya (bikin merek sendiri), dan clue diri harus cari panggung, menjadi pusat perhatian.

 

Hasil Test Vyan Sovyan Saladin

Hasil Test Vyan Sovyan Saladin

TERAKHIR, yang sangat penting dan menjadi inti dan kesimpulan dari berbagai-bagai permenungan: Dalam pekerjaan yang selama ini suka berganti-ganti, akan selamanya terus berpindah-pindah. Karena saya bertipe ingin punya panggung (kehidupan dan profesi) sendiri, ingin dengan cara sendiri, makanya saya kira tepatlah saya terus merintis bidang bisnis saya dengan merek ASI7 dan sosial saya dengan wadah bernama SALADIN INSTITUTE, karena itulah jiwa kecendrungan saya.

Kalau boleh memilih profesi, sudah betul dan memang tidak ada yang kebetulan silakan teruskan kuliah di Ekonomi Syariah yang mana nanti bisa menjadi ekonom. Memang pernah berharap ingin juga kuliah di pendidikan sejarah, karena sangat cocok seorang Memoric Quotient menjadi seorang sejarawan, tapi karena sudah terlanjur kuliah di Manajemen Keuangan Syariah, boleh menjadi expert di bidang Ekonomi Syariah.

Terpenting lagi soal jodoh, seorang Sensing alangkah lebih bagus dan ideal memilih pasangan hidup seorang Thinking. Ingin pasangan hidup saya itu seorang Thinking dan bergolongan darah O. Siapakah dia? Lebih bagus ia yang sudah menjalani tes STIFIn dimana hasilnya: Ti (Thinking Introvert).

Sekian, semoga bermanfaat buat saya. Salam.[]


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Kategori