Oleh: Kyan | 28/11/2015

Penulisan Skenario Film Biopic Abiem Ngesti

Abiem, Mick Jagger, dan Bon Jovi.

Mick Jagger, Abiem Ngesti, Bon Jovi

Lari pagi di sebuah taman di Jakarta Selatan sambil ditemani lagu-lagu album Leila Abiem Ngesti, memunculkan selentingan pikiran dan gagasan yang tak boleh aku buang. Kalau tidak didokumentasikan di laman ini nanti menguap tanpa penanda, yang barangkali bisa jadi bahan pikiran buat yang sama-sama nge-fans Abiem Ngesti.

Sebenarnya banyak yang bisa dibikin proyek kreatifitas dan inspirasi dari Abiem Ngesti. Coba siapa yang pandai menulis cerpen.. Dari setiap lagu-lagunya bisa itu dikembangkan jadi sebuah cerita pendek. Atau untuk nanti, dengan keseluruhan lagunya dapat jadi bahan penulisan skenario film biopic musical, yang bisa dikerjakan bersama-sama. Di sini kita dapat saling bertukar gagasan.

Dalam skenario film musical ini misalnya kita beri judul “Sang Pangeran Dangdut”… Misalnya adegan pertama: saat di kelas anak-anak pada gaduh dan ribut, mereka bernyanyi “aduh-aduh jangan-jangan bikin gaduh…” Lonceng berbunyi mereka pulang dan muncul sang tokoh utama berjalan pulang sambil memperhatikan si penjual asongan, lalu ia bersama-sama temannya menyanyikan lagu “Amir Asongan”…

Adegan selanjutnya, ketika sampai rumah, rupanya sedang bertengkar ayah dengan ibunya. Muncul petikan lagu “Sadarlah” dan ia datang pada ayahnya suatu ketika, bernyanyi lagu “Perpisahan” dengan ayahnya. Karena ibunya pergi ke kota untuk mencari kerja, tiga anaknya ikut dan tokoh utama pamit kepada guru di sekolahnya dengan nyanyian haru “Mohon Pamit”

Di kota terpaksa ia berjualan asongan untuk membantu ibunya, sambil ngamen dan ada seseorang yang melihat talenta musikal dan suara emasnya. Ia pun diorbitkan dan masuk dapur rekaman. Muncullah lagu “Pangeran Dangdut”. Ia beraksi panggung dengan enerjik menggebrak blantika musik Indonesia. Ia mulai kesohor dan show-show menyanyikan dengan penuh semangat lagu “Ini Dangdut”, “Menggapai Cita-Cita”, dan lagu-lagu lainnya..

 

Ini Dangdut Blackhat

Lagu “Ini Dangdut” ABIEM NGESTI jadi Backsong film Hollywood BLACKHAT

Singkat cerita, memasuki remaja ia mengenal sosok perempuan bernama Laura yang jadi sahabatnya.. Laura sangat menyukai tokoh utama, tapi tokoh utama menyukai perempuan yang ditemuinya di sebuah jalan. Kala itu sambil bernyanyi “Selangit” ia mengikuti sosok perempuan itu dan ia ternyata bernama Leila.. Rupanya Leila sudah punya hubungan dengan lelaki lain, sambil berjalan pulang dalam hujan tokoh utama menyanyikan “Kan Kuraih Cintamu”.

Untuk mengobati luka hatinya, ia pergi ke Bali dan di sana bertemu Sonia sebagai duta budaya… Ada keriangan bersama Sonia, berdua membawakan lagu “Gadis Baliku” dan di saat malam ia memetik gitar sambil melihat bulan, terciptalah lagu “Bulan pun Tersenyum”… Sepulang dari Bali, melanjutkan show untuk memperkenalkan lagu barunya, “Dahsyat”. Tapi nahas sepulang show, mobil yang ditumpanginya menabrak di tol Cikampek, sampai ia meninggal dunia.

Demikian gambaran kasar sebagai bahan penulisan skenario film musical “Sang Pangeran Dangdut” dan ini bukanlah cerita asli dari kisah sebenarnya Abiem Ngesti. Tapi sebagai olah kreasi dari lagu-lagu Abiem Ngesti antara satu lagu dengan lagu lainnya, atau antara album satu dengan album lainnya saling berhubungan. Demikian mohon masukan dan koreksi!


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori