Oleh: Kyan | 03/12/2015

Proyeksi Peta Agama Dunia 2050

Shihab - Logika Agama

Shihab – Logika Agama

Sebuah riset yang dilakukan Pew Research Center (PRC), sebuah lembaga riset demografi yang berkedudukan di Washington DC, Amerika di awal April lalu telah merilis proyeksi pertumbuhan populasi pemeluk agama kurun waktu 2010-2050, mengatakan bahwa empat dekade mendatang, populasi muslim melesat paling cepat, Kristen paling banyak kehilangan pemeluk akibat pindah agama, ateisme jadi idola kaum pindah agama, dan menarik buat Indonesia: katanya Indonesia yang selama ini jadi pemeluk muslim terbesar di dunia akan digeser India.

Tahun 2010, Indonesia menyumbang muslim terbesar dunia, dengan 209 juta pemeluk, disusul India (176 juta pemeluk) Pakistan (167 juta pemeluk) dan Bangladesh (134 juta pemeluk). Tahun 2050, India diprediksi bergeser sebagai pemasok muslim terbesar dengan 311 juta muslim, disusul Pakistan (273 juta), Indonesia jadi peringkat ketiga (257 juta) diikuti Nigeria (231 juta).

Memang banyak riset mengungkapkan, salah satu pemicu ketegangan antar-agama di Indonesia adalah ekses penyebaran agama. Sengketa pendirian tempat ibadah kadang dilatarbelakangi kecurigaan bahwa tempat itu dijadikan sentra penyebaran agama. Hal itu dikhawatirkan jadi pemicu pindah agama. Konversi agama terhitung isu sensitif dalam relasi antar-agama. Maka muncul gerakan anti-pemurtadan dan sebangsanya untuk tak kehilangan yang kian besar para “penumpang”-nya.

Larangan penyebaran agama pada kalangan yang sudah beragama menjadi sorotan. Namun menurut PRC, faktor perpindahan agama memang berdampak besar bagi komposisi pemeluk agama pada tingkat negara. Tapi secara global, dari berbagai skenario dampak pindah agama biasa saja. Pola perpindahan agama kompleks dan variatif. Pada beberapa negara, pindah agama jadi fenomena biasa. Pada negara lain, merupakan kejadian langka, bahkan ilegal.

Tetapi dalam empat dekade ke depan, Kristen diperkirakan paling banyak kehilangan pemeluk akibat pindah agama. Di Australia dan Inggris, Kristen tetap mayoritas namun persentasenya menurun. Ateisme, agnostik, dan kaum tak berafiliasi agama bakal jadi mayoritas baru di Prancis, Salendia Baru, dan Belanda. Sementara India akan tetap menjadi negara mayoritas Hindu, tapi penduduk muslimnya terbesar di dunia, menggantikan muslim Indonesia. Islam pun akan menjadi mayoritas di negara Bosnia, Macedonia, dan Benin.

Pada 2050, negara mayoritas muslim yang kini terdiri 19 negara ditaksir melonjak dua kali lipat lebih menjadi 51 negara. Ini dipicu dua faktor kunci: tingginya angka kelahiran dan pemeluk usia muda, dari lima faktor yang dijadikan pijakan proyeksi: tingkat kelahiran, struktur penduduk usia muda, angka harapan hidup, perpindahan agama, dan migrasi penduduk.

Tapi prediksi ini bisa amburadul bila terjadi dinamika signifikan di Cina. Karena PRC tidak berhasil memperoleh data akurat peta pemeluk agama di Cina yang berpenduduk sekitar 1,3 milyar. Pasca Revolusi Kebudayaan (1966-1076) agama di Cina mengalami kebangkitan dramatis. Pemeluk Kristen di Cina diestimasikan 68 juta orang dan pada 2050 ditaksir naik menjadi 71 juta. Jika angka pindah agama masuk Kristen di Cina signifikan, prediksi komposisi penduduk agama dunia bisa berubah, sehingga Kristen berpeluang tetap sebagai mayoritas.

Dari peta itu, sasaran prioritas dakwah atau misionarisme agama lebih menjadi prioritas pada penguatan internal pemeluk agama dan kalangan tak beragama. Mengingat tingginya angka pindah agama dan jumlah terbesar perpindahan itu menjadi tak beragama. Penyebaran agama pada penganut agama lain, selain rentan memicu ketegangan antar-agama, tidak cocok dengan kebutuhan dan karakteristik demografi kepemelukan agama taksiran RRC.

#Gatra, Liputan Asrori S. Karna


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: