Oleh: Kyan | 20/01/2016

Namaste India, Chak De Indonesia

Film India tidak hanya bersinar di India saja. Di beberapa negara termasuk Indonesia, film India punya daya tarik tersendiri. Dengan cerita yang sering “mengagungkan” cinta dan keluarga, disertai tarian dan nyanyan, telah memikat hati sebagian masyarakat Indonesia. Sampai televisi nasional ada yang secara rutin menayangkan film Bollywood, dan juga sinema masyhur dari televisi India, bahkan mendatangkan langsung para artisnya ke Indonesia.

Tapi antara India dan Indonesia tidak hanya di film saja. Ada sejarah yang terhubung dan panjang sejak berabad-abad lalu. Misalnya bahasa Sansekerta yang banyak mempengaruhi bahasa nasional kedua negara. Dari pelajaran sekolah kita mengetahui bahwa banyak kerajaan Nusantara yang bercorak Hindu, Syiwa, dan Budha yang konon katanya karena pengaruh India (yang dikenal sebagai negeri Hindustan). Meski pengaruh India atas Nusantara dicoba bantah dalam Madilog-nya Tan Malaka.

Menurut Arysio Santos yang meneliti Atlantis mengatakan justru sebaliknya, bahwa hindustan (peradaban lembah sungai Indus) mencapai kemajuan adalah pengaruh Nusantara sebagai tempat keberadaan Atlantis yang tenggelam karena meletusnya Krakatau dan Toba, sehingga banyak penduduk Nusantara bermigrasi ke lembah sungai Indus untuk membentuk peradaban baru.

Di saat terjadi perang dingin antara blok Amerika dan Soviet, presiden pertama RI Soekarno dan Presiden India, Jawaharlal Nehru sepakat untuk berada pada posisi non-blok. Hal ini yang menjadi dasar gerakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955 dan sejak itu kerjasama antara India dan Indonesia terus diperlebar pada berbagai sektor.

Pada tahun 2005, Presiden Indonesia SBY mengunjungi India yang dalam kunjungan tersebut, kedua kepala negara secara bersama-sama menandatangani Deklarasi Kemitraan Strategis. Pada Januari 2011, Presiden SBY kembali mengunjungi India sebagai tamu kehormatan pada perayaan ulang tahun India. Dalam kunjungan tersebut, kedua kepala negara membuat 16 kesepakatan, di antaranya: perjanjian ekstradisi, kerja sama di bidang minyak dan gas, sains dan teknologi, serta program pertukaran budaya.

Pada 10-12 Oktober 2013, Perdana Menteri India, Dr. Manmohan Singh, melakukan kunjungan ke Indonesia yang tujuan kedatangannya untuk kembali mempererat kerja sama antara kedua negara. Kedua pemimpin negara lalu bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan internasional, seperti krisis global dan G20.

Selanjutnya di sela-sela KTT ASEAN ke-25, Perdana Menteri India, Narendra Modi bertemu Presiden Joko Widodo di Nay Pyi Taw, 13 November 2014. Dalam pertemuan tersebut, Narendra Modi mengucapkan selamat kepada Joko Widodo atas terpilihnya menjadi presiden Indonesia yang ketujuh. Kedua negara pun membuat kesepakatan dalam meningkatkan perdagangan dan investasi. Konsultasi Kantor Luar Negeri kedua negara antara pejabat senior Kementerian Luar Negeri India dan Indonesia berlangsung di New Delhi pada 15 Desember 2014.

Bermula demikian, maka kehadiran Majalah Bollywood Inside Indonesia sangat penting sebagai media yang menyajikan isu-isu terhangat yang tidak cuma mengisi rubrik-rubriknya soal film dan selebritas Bollywood saja, tapi untuk lebih mendekatkan dan merekatkan kedua negara dengan menelisik lebih jauh keterkaitan antar dua budaya yang menghasilkan masing-masing kultur kedua negara.[]

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 01, Jun-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 01, Jun-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 02, Aug-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 02, Aug-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 03 Okto-15.jpg

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 03 Okto-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 04, Nov-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 04, Nov-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 05, Des-15

Majalah Bollywood Inside, __Edisi 05, Des-15


Tinggalkan sebuah komentar dan terima kasih !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori